PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL GURU MELALUI PEMBELAJARAN BLENDEED LEARNING DI GUGUS 2 KECAMATAN BATU LANTEH

Penulis

  • Taufik Universitas Teknologi Sumbawa
  • Suparman Universitas Teknologi Sumbawa
  • Rodianto Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Kemampuan Literasi Digital Guru, Blended Learning

Abstrak

Tujuan penelitian ini menjelaskan kemungkinan peningkatan kemampuan literasi digital guru melalui pembelajaran blended learning di Gugus 2 Kecamatan Batulanteh dan langkah-langkah pembelajaran blended learning dalam meningkatkan kemampuan literasi digital guru. Penelitian ini dilakukan menggunakan rancangan kelompok kontrol yaitu desain kelompok kontrol pretest-postest yang hampir sama, tetapi kelompok kontrol dan eksperimen tidak dipilih secara random.. Hasil penelitian dianalisis menggunakan SPSS 22 dengan instrument penelitian berupa angket kemampuan literasi digital melalui blended learning dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis terjadi peningkatan kemampuan literasi digital guru sebelum dan sesudah pembelajaran blended learning dengan mean pretes sebesar 71,63 dan posttest sebesar 74,23 di kelas kontrol mengalami peningkatan di kelas eksperimen dengan mean pretest sebesar 75,87 dan posttest sebesar 84,20. Untuk menganalisis penggaruh blended learning dalam meningkatkan kemampuan literasi digital guru menggunakan analisis paired sampel t- test dengan perolehan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000 lebih kecil dari signifikansi hitung (0.05) dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak sehingga terdapat perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest terhadap kemampuan literasi digital guru melalui blended learning. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh pembelajaran blended learning dalam meningkatkan kemampuan literasi digital guru sekolah dasar dan peningkatan kemampuan literasi digital guru melalui pembelajaran blended learning dilakukan melalui pelaksanaan pendampingan dan pembimbingan guru sekolah dasar di gugus 2 Kecamatan Batu Lanteh untuk  merangsang kreatifitas dan daya berpikir kritis guru dalam pembelajaran sehingga meningkatkan kemampuan literasi digital guru guna menunjang pembelajaran diera kemajuan teknologi yang semakin pesat.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-09

Cara Mengutip

Taufik, Suparman, & Rodianto. (2024). PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL GURU MELALUI PEMBELAJARAN BLENDEED LEARNING DI GUGUS 2 KECAMATAN BATU LANTEH. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 7(001, January), 143–150. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/1271

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 
Loading...