PENGARUH IMPLEMENTASI METODE ALMIFTAH LIL ULUM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BACA KITAB KUNING PADA LEMBAGA PESANTREN ALMUBAROK SUMBAWA

Penulis

  • Khairon Fikri Universitas Teknologi Sumbawa
  • Suparman Universitas Teknologi Sumbawa
  • Junaidi Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Metode Almiftah Lil Ulum, Cepat Membaca, Kitab Kuning (Klasik Pesantren)

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang pengaruh implementasi metode almiftah lil ulum dalam
meningkatkan kompetensi baca kitab kuning pada lembaga pesantren almubarok sumbawa. Tujuan
penelitian ini yaitu; 1) untuk memaparkan model implemtasi metode Al Miftah Lil Ulum terhadap
kemampuan membaca kitab kuning di pesantren almubarok Sumbawa, 2) untuk menganalisis
pengaruh implementasi metode Almiftah lil ulum pada kemampuan baca kitab kuning santri pesantren
almubarok Sumbawa. Desain penelitian ini adalah menggunakan metode campuran (mix method).
Penelitian tesis ini dilaksanakan di lembaga pendidikan Pondok Pesantren Almubarok Sumbawa yang
beralamatkan di jl.ponegoro RT/1 RW/11 kelurahan bugis ,kecamatan Sumbawa Dalam metode
pengumpulan datanya responden diminta untuk mengerjakan soal tentang kaida-kaidah nahwu shorof
setelah diberikannya perlakuan berupa metode almiftah lil ulum. Setelah itu, peneliti akan melihat
pengaruh kemampuan membaca kitab kuning anak sesudah diberikannya perlakuan berupa metode
almiftah lil ulum ini kepada responden. Sebagai data pendukung juga, peneliti menggunakan
observasi dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh santri pesantren al-mubarok
dengan sampel berjumlah 40 santri,dengan rincian terdiri dari 25 santri putra, ,dan 15 santri putri. Data
dianalisi dengan menggunakan aplikasi SPSS16. Hasil penelitian setelah diberikannya perlakuan
menunjukkan dikelas ibtida’(pemula) nilai terendah adalah 45 dan nilai tertinggi adalah 85 . sedangkan
kelas ulya (tinggi) nilai terendah adalah 80 dan nilai tertinggi 95.pada kelas ibtida’ ada 3 santri (30%)
yang mendapat nilai kurang dan ada 15 santri (70%) yang mendapat nilai baik dan cukup. Dan
sedangkan di kelas ulya ada 4 santri dengan nilai sangat baik (40%) dan ada 14 santri yang
memperoleh nilai baik (60%). Berdasarkan hasil tersebut maka hal ini menunjukkan adanya pengaruh
yang signifikan terhadap hasil belajar santri setelah diberikannya perlakuan berupa metode almiftah lil
ulum. Hal ini membuktikan bahwa metode almiftah lil ulum dapat menjadi inovasi baru di lingkungan
pesantren untuk digunakan dalam pengembangan belajar membaca kitab kuning agar lebih
memudahkan dan menyenangkan dalam proses pembelajarannya.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-07

Cara Mengutip

Fikri, K., Suparman, & Junaidi. (2023). PENGARUH IMPLEMENTASI METODE ALMIFTAH LIL ULUM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BACA KITAB KUNING PADA LEMBAGA PESANTREN ALMUBAROK SUMBAWA. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 6(002, August), 629–637. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/837

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 
Loading...