PENGARUH LITERASI DIGITAL, LITERASI KEUANGAN, DAN PERILAKU KEUANGAN DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0 DI KABUPATEN SUMBAWA DAN SUMBAWA BARAT

PENGARUH LITERASI DIGITAL, LITERASI KEUANGAN, DAN PERILAKU KEUANGAN DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0 DI KABUPATEN SUMBAWA DAN SUMBAWA BARAT

Penulis

  • Tomy Tomy Dwi Cahyono Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Kata kunci: Literasi digital, literasi keuangan, perilaku keuangan, kinerja pelaku UMKM

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana literasi digital, literasi keuangan, dan perilaku
keuangan berdampak pada kinerja pelaku UMKM di Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa
Barat. Pendekatan pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling,
yang secara khusus menargetkan peserta UMKM di Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa
Barat. Metode analisis yang digunakan meliputi uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji
hipotesis. Data kuantitatif yang berasal dari sumber primer diolah dengan menggunakan SPSS versi 22.
Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa 1) Secara parsial, literasi digital tidak menunjukkan
pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pelaku UMKM; 2) Literasi keuangan secara parsial
menunjukkan pengaruh yang nyata terhadap kinerja pelaku UMKM; 3) Perilaku keuangan secara parsial
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pelaku UMKM; dan 4) Secara simultan, literasi
digital, literasi keuangan, dan perilaku keuangan secara bersama-sama memberikan pengaruh yang
signifikan terhadap kinerja pelaku UMKM.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-23

Cara Mengutip

Tomy Dwi Cahyono, T. (2024). PENGARUH LITERASI DIGITAL, LITERASI KEUANGAN, DAN PERILAKU KEUANGAN DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0 DI KABUPATEN SUMBAWA DAN SUMBAWA BARAT: PENGARUH LITERASI DIGITAL, LITERASI KEUANGAN, DAN PERILAKU KEUANGAN DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0 DI KABUPATEN SUMBAWA DAN SUMBAWA BARAT. Student Conference, 2(5), 103–112. Diambil dari http://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/979
Loading...