STRATEGI PERSONAL BRANDING MAS MULIYADI R SEBAGAI TRAVEL BLOGGER MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Penulis

  • Nelly Apriani Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ofi Hidayat Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Personal Branding, Instagram, Travel Blogger

Abstrak

Media sosial Instagram saat ini telah menjadi media alternatif dalam bidang pemasaran maupun promosi. Secara personal, pribadi dapat melakukan bisnis melalui Instagram. Saat ini, selebgram sedang menjadi tren di kalangan pengguna Instagram di Indonesia. Menjadi seorang selebgram harus memiliki keunikan tersendiri untuk dapat berbeda dengan selebgram kompetitor lainnya. Dalam membangunnya, dibutuhkan personal branding yang baik untuk dapat bertahan dalam dunia selebgram di Instagram. Salah satu selebgram yang menggunakan Instagram sebagai sarana membangun personal branding adalah Mas Muliyadi R. Ia merupakan seorang Influencer yang berbasis Travel Blogger.  Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui Strategi Personal Branding Mas Muliyadi R sebagai Travel Blogger melalui Media Sosial Instagram. Dengan menggunakan 8 konsep personal branding dari Montoya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitiannya adalah Masmul membentuk personal branding dengan menggunakan fitur-fitur yang ada di Instagram. Bentuk personal branding Masmul melalui 8 konsep yaitu secara Spesialisasi: Masmul meiliki konten tentang perjalanan mengunjungi berbagai lokasi wisata. Kepemimpinan: Masmul kerap kali memberikan suatu informasi terkait kejelasan berupa tutorial mengedit video dan foto. Kepribadian: Masmul memiliki sifat rendah hati, gigih, dan berani. Perbedaan: Masmul memiliki diferensiasi yaitu ciri khas konten dengan nuansa senja. Terlihat: Masmul dengan konsisten memposting konten secara berulang-ulang. Kesatuan: Masmul memiliki sebagai travel blogger memiliki kesamaan dengan kehidupan yang ia jalani. Keteguhan: Masmul tetap bertahan dengan apa yang sudah dibangun sejak awal. Maksud baik: Masmul memiliki hubungan baik dengan audiensnya

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

Apriani, N., & Hidayat, O. (2023). STRATEGI PERSONAL BRANDING MAS MULIYADI R SEBAGAI TRAVEL BLOGGER MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Student Conference, 1(5), 182–197. Diambil dari http://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/584
Loading...