PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA, DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN SUMBAWA
Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sumbawa
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha, dan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha pada pelaku UMKM di Kabupaten Sumbawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu para pelaku UMKM di Kabupaten Sumbawa. Metode pengambilan sampel menggunakan Rumus Slovin sehingga diperoleh dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil pengujian pada Uji T menyatakan bahwa variabel karakteristik wirauaha berpengaruh terhadap perkembangan usaha Pada Pelaku UMKM di Kabupaten Sumbawa, variabel modal usaha tidak berpengaruh terhadap perkembangan usaha Pada Pelaku UMKM di Kabupaten Sumbawa, variabel strategi pemasaran tidak berpengaruh terhadap perkembangan usaha Pada Pelaku UMKM di Kabupaten Sumbawa.
Kata Kunci : karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran, dan perkembangan usaha.