PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI PADA KONSUMEN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) DIKECAMATAN LOPOK)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merek Semongkat. Keputusan pembelian sangatkah penting untuk setiap imdividu, karena dapat mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan dan bisnis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merek Semongkat di Kecamatan Lopok dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling sebanyak 100 responden. Alat analisis yang digunakan pengolahan data menggunakan SPSS 26 dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1)variabel kualitas Produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 2)Variabel harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 3)variabel promosi (X3) berpengaruh positis dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen AMDK merek Semongkat di Kecamatan Lopok.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Promosi,Keputusan Pembelian.