ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM LITERASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARATIF

Penulis

  • Asyiah Darmawansyah Universitas Teknologi Sumbawa
  • Yolli Eka Putri Universitas Teknologi Sumbawa
  • Fitriah Permata Citra Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Pendidikan, Siswa, Budaya, Literasi, Narasi

Abstrak

Konflik dalam keterampilan menulis dapat dikatakan terjadi sebab beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis, salat satunya kegiatan menulis atau literasi serta penerapan kaidah ejaan dalam menulis karangan yang masih rendah. Aspek tadi sangat penting pada aktivitas menulis narasi, sehingga tujuan pada penulisan dapat tercapai. Selama ini, siswa masih merasa kesulitan ketika wajib menuangkan gagasan di karangan dengan baik. Mix method, juga dikenal sebagai metode kombinasi, merujuk pada pendekatan penelitian atau analisis yang menggabungkan elemen-elemen dari dua metode atau pendekatan yang berbeda. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh informasi bahwa guru SDN 4 Utan telah melakukan sosialisasi program literasi sekolah sejak tahun 2018. Sosialisasi dilakukan dalam bentuk bimbingan teknis (Bimtek) kepada kepala sekolah dan guru Sekolah Dasar. Selain itu, kepala sekolah membimbing dan membantu guru dalam pelaksanaan program literasi di sekolah. Hasil analisis data, sebagaimana yang telah diuraikan diatas menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara literasi membaca dengan keterampilan menulis narasi siswa kelas 1 SD Negeri 4 Utan Kecamatan Utan. Hasil perhitungan dengan teknik Korelasi Product Moment menunjukan nilai Koefisien Korelasi (r) dari variabel literasi membaca dan keterampilan menulis narasi sebesar 0,802. Dari nilai tersebut dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif sebesar 0,802 antara literasi membaca dengan keterampilan menulis narasi siswa kelas 1 SD Negeri 4 Utan Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini ditunjukan dengan nilai r hitung r tabel (0,802 0,220). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa semakin baik literasi membaca siswa, akan semakin baik pula keterampilannya dalam menulis narasi, dan begitupula sebaliknya. Sementara itu, setelah nilai r hitung dikonsultasikan dengan pedoman interprestasi terhadap koefisien korelasi, dapat diketahui bahwa keeratan hubungan antara kedua variabel dikatakan sangat baik.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-09

Cara Mengutip

Darmawansyah, A., Putri, Y. E., & Citra, F. P. (2024). ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM LITERASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARATIF. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 7(001, January), 205–212. Diambil dari http://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/1267

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Loading...