EVALUASI PENDEKATAN TARL MODIFIKASI CADIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA (STUDI KASUS DI SD NEGERI 1 SUMBAWA)
Kata Kunci:
Pendekatan TaRL, Inovasi Pembelajaran, Modifikasi CaDik, Kemampuan LiterasiAbstrak
Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu 1) Untuk menjelaskan perencanaan pembelajaran dengan pendekatan TaRL modifikasi Cadik di SD Negeri 1 Sumbawa; 2) Untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan TaRL modifikasi Cadik di SD Negeri 1 Sumbawa; dan 3) Untuk mengevaluasi pembelajaran dengan pendekatan TaRL modifikasi Cadik dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa di SD Negeri 1 Sumbawa SD. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan desain the exploratory sequential. Penelitian ini merupakan penelitian evaluative menggunakan model Countenance Stake. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif tentang perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Data kuantitatif dalam penelitian ini berupa hasil kemampuan literasi siswa. Prosedur pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Adapun analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan pembelajaran dengan pendekatan TaRL modifikasi CaDik di SD Negeri 1 Sumbawa terkait perangkat pembelajaran telah terpenuhi dengan baik; 2) Pembelajaran dengan pendekatan TaRL modifikasi CaDik di SD Negeri 1 Sumbawa terlaksana dengan baik, meskipun terdapat beberapa tantangan yang dihadapi oleh guru pelaksana; dan 3) Evaluasi pembelajaran dengan pendekatan TaRL modifikasi CaDik di SD Negeri 1 Sumbawa menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi siswa pada kelompok saling beme level kata sebanyak 2,89% dan kelompok meto rena boto level cerita sebanyak 7,85%. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan TaRL modifikasi CaDik efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa. Penerapan pendekatan TaRL modifikasi CaDik perlu untuk diterapkan kembali dan dapat digunakan di sekolah lainnya.