PENGARUH GEJALA STRES, KECEMASAN, DAN DEPRESI TERHADAP SUICIDE IDEATION PADA REMAJA KORBAN BULLYING DI SEKOLAH X
Abstrak
TujuanipenelitianiiniJadalahJuntukJmengetahuiJpengaruh gejala stres terhadapJsuicide ideationJ (ide bunuh diri) Jpada remaja korbanJbullying di Sekolah X, kecemasan terhadap suicideJideation (ideJbunuhJdiri) Jpada remaja korbanJbullying di Sekolah X, dan depresi terhadap suicide ideation (ide bunuh diri) pada remaja korban bullying di Sekolah X. PenelitianJini menggunkan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 remaja. HasilJdari penelitianJmenunjukkan bahwaJterdapat pengaruhJstres terhadapJsuicide ideationJ (ide bunuhJdiri) Jpada remaja korban bullying Sekolah X denganJnilai pJ=J0.000/JpJ< 0.05JdanJR SquareJsebesar 47.0Jyang menunjukkan bahwaJsumbangan atau kontribusi yang diberikan variable stres (X1) terhadap suicide ideation (Y) adalah sebesar 47% dan 53% dipengaruhi oleh variable lain diluar penelitian. Pengaruh kecemasan terhadap suicideJideation (ideJbunuh diri) Jpada remaja korbanJbullying di Sekolah X dengan nilai p = 0.000/ p < 0.05 dan R Square sebesar 0.483 yang menunjukkan bahwaJsumbangan atau kontribusi yang diberikan variable kecemasan (X2) terhadap suicide ideation (Y) adalah sebesarJ48.3%Jdan 51.7%JdipengaruhiJoleh variable lainJdiluar penelitian. Dan Pengaruh depresi terhadapJsuicide ideationJ (ide bunuhJdiri) Jpada remaja korban bullying di Sekolah X denganJnilai pJ=J0.000/Jp < 0.05Jdan RJSquare sebesarJ0.39.4 yang menunjukkan bahwa sumbangan atau kontribusiJyang diberikan variable depresi (X3) terhadap suicide ideation (Y) adalah sebesar 39.4% dan 60.6% dipengaruhi oleh variable lain diluar penelitian