STRATEGI PEMBELAJARAN SENI TARI BAGI SISWA TUNAGRAHITA DI SLBN 1 SUMBAWA

Penulis

  • suvina suvina universitas teknologi sumbawa
  • Firza Ihsanul Agraprana Program Studi Seni Tari, Fakultas Psikologi dan Humaniora, Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Seni Tari, Siswa Tunagrahita.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui strategi pembelajaran seni tari bagi siswa tunagrahita di SLBN 1 Sumbawa. Pada penelitian ini menggunakan materi praktikum dengan mengajarkan tari kreasi Selendang Dedara Samawa, dalam kegiatan Ekstrakurikuler bidang Seni Tari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: 1) Penggunaan strategi pembelajaran yang efektif pada siswa tunagrahita yaitu strategi demonstrasi merupakan cara peneliti dalam mensosialisasikan maksud dan tujuan penelitian ini dengan mempaparkan latar belakang dari penelitian ini dan menjelaskan sinopsis tari Selendang Dedara Samawa yang akan dipelajari oleh siswa-siswi tunagrahita serta menampilkan video-video tari agar siswa-siswi menjadi lebih tertarik untuk mempelajari tarian ini; 2) Strategi memberikan motivasi belajar dalam proses pembelajaran seni tari dilakukan peneliti untuk meningkatkan semangat dan rasa antusias siswa dalam belajar; 3) strategi praktek dan repetisi digunakan oleh peneliti untuk memperkenalkan alur koreografi tari Selendang Dedara Samawa dan melatih gerak transisi menuju pola lantai yang di tetapkan; 4) Strategi memberikan reward (hadiah) strategi ini mampu memberikan pengaruh besar sehingga siswa-siswi menjadi lebih bersemangat dalam melakukan proses latihan dengan adanya makanan atau snack.

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran; Seni Tari; Siswa Tunagrahita.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

suvina, suvina, & Ihsanul Agraprana, F. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN SENI TARI BAGI SISWA TUNAGRAHITA DI SLBN 1 SUMBAWA . Student Conference, 1(6), 241–255. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/383
Loading...