ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT

STUDI KASUS SMART HOME JAMUR TIRAM

Penulis

  • Armelia Puspitasari Armelia Puspitasari Mahasiswi
  • Hartini Universitas Teknologi Sumbawa

Abstrak

Pentingnya suatu proses dari pemasaran tersebut dalam menentukan bagaimana jalan kesuksesan suatu usaha, salah satu UMKM yang dibuat oleh anak muda bangsa dari mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa Kota Sumbawa yang memproduksi produk smart home jamur tiram katagori manufaktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk smart home jamur tiram dengan menggunakan analisis SWOT. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan deskriptif  kualitatif atau pendekatan kualitatif.  Dalam penelitian ini metode pengumpulan data diantaranya ada observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa  nilai skor rata-rata pada matriks IFE dengan nilai sebesar 2,53 yang masuk kedalam katagori kuat pada bentang garis horizontal, sedengakan nilai skor rata-rata matriks EFE dengan nilai sebesar 2,40 yang dimana termasuk kedalam katagori yang lemah pada bentang garis vertical. Dari hasil analisis pada diagram tersebut maka usaha smart home jamur tiram ini berada pada kuadrand 1, yang artinya cara terbaik untuk meningkatkan penjualan produk yaitu dengan menentukan strategi yang agresif. Hal ini dapat menempatkan posisi bisnis pada fase yang berfokus dalam garis horizontal yaitu pada peningkatkan kekuatan dalam memanfaatkan peluang dengan melindungi kelemahan dari ancaman yang ada dalam bisnis agar bisnis yang dijalankan nantinya akan menjadi bisnis yang mampu bersaing dengan kompetitor lainnya. Dari diagram kuadrand tersebut maka analisis pada matriks SWOT menghasilkan sebuah alternatif strategi pemasaran yang akan dibutuhkan oleh kelompok usaha smart home jamur tiram dalam penerapannya saat memulai sebuah bisnisnya nantinya yang dimana menghasilkan strategi pemasaran dari faktor internal (kekuatan+kelemahan) ada 10 strategi alternatif dan dari faktor eksternal ada 8 strategi alternatif yang bisa diterapkan oleh perushaan untuk dapat pengembangan bisnis smart home jamur tiram.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-23

Cara Mengutip

Armelia Puspitasari, A. P., & Hartini. (2024). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT : STUDI KASUS SMART HOME JAMUR TIRAM. Student Conference, 2(5), 45–54. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/1177
Loading...