ANALISIS INOVASI RODUK DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING MIE INSTAN SEHAT JAGUNG (MIESO)

Penulis

  • fendy maradita Universitas Teknologi Sumbawa

Abstrak

Mie instan di Indonesia sebagai makanan yang digemari oleh berbagai kalangan. Keunggulan mie instan, seperti harga terjangkau, rasa lezat, dan cara pembuatan yang praktis, membuatnya menjadi pilihan makanan sejuta umat. Indonesia menduduki peringkat kedua sebagai konsumen mie instan terbesar di dunia berdasarkan data World Instant Noodles Association (WINA) per 13 Mei 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi inovasi produk dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing. Tingginya minat masyarakat terhadap mie instan menimbulkan kekhawatiran terhadap kesehatan dan gizi, mendorong produsen untuk mencari solusi kreatif. Salah satu solusi yang diambil adalah menciptakan mie instan sehat berbahan dasar jagung, yang disebut Mieso. Dalam kondisi persaingan yang ketat, produsen harus mengimplementasikan strategi inovasi produk dan orientasi pasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan owner Mieso. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa Mieso melakukan inovasi produk melalui kemasan menarik dan varian rasa seperti jagung bakar serta jagung manis. Mieso memiliki orientasi pasar yang kuat dengan focus pada pemahaaman mendalam terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen. Selain itu, Mieso berhasil menghadapi persaingan melalui kombinasi inovasi produk dan orientasi pasar. Strategi ini membantu Mieso tidak hanya memenuhi selera konsumen tetapi jg memberikan perhatian pada asspek kesehatan dan gizi, menciptakan keunggulan bersaing di pasaran mie instan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-23

Cara Mengutip

maradita, fendy. (2024). ANALISIS INOVASI RODUK DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING MIE INSTAN SEHAT JAGUNG (MIESO). Student Conference, 2(5), 439–446. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/1060
Loading...