ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN MENGGUNAKAN KONSEP 4P (PRODUK, HARGA, LOKASI, DAN PROMOSI) PADA PRODUK MIESO (MIE INSTAN SEHAT JAGUNG)

Penulis

  • fendy maradita Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Bauran_pemasaran; Mieso; Strategi.

Abstrak

Mieso merupakan mie instan sehat berbahan dasar jagung yang diciptakan untuk penggemar mie instan, namun memiliki kekhawatiran terhadap kesehatannya. Penelitian ini bertujuan memberikan strategi alternatif melalui analisis bauran pemasaran 4P pada produk Mieso. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan data primer dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh menyangkut produk, harga, lokasi, dan promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk Mieso terbuat dari bahan dasar buah jagung yang mengandung protein serta tidak menggunakan pengawet atau pewarna buatan dalam komposisinya. Dalam penetapan harga berpedoman pada perhitungan bahan baku, alat, kemasan dan distribusi yang dilakukan. Lokasi rumah produksi Mieso terbilang strategis karena berada pusat kota, serta kegiatan distribusi yang dilakukan yaitu dengan menitipkan pada toko retail tradisional, kantin Taman kanak-kanak dan kantin kampus Universitas Teknologi Sumbawa. Mieso dipasarkan melalui akun media sosial Instagram miliknya dan untuk saat ini masih hanya menyediakan promosi gratis ongkir dalam pengiriman produk, sehingga dalam proses pemasarannya harus lebih ditingkatkan dengan melakukan kerja sama terhadap jasa pengantaran dan toko penjualan daring serta selebriti instagram agar Mieso mampu dikenali oleh masyarakat luas

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-23

Cara Mengutip

maradita, fendy. (2024). ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN MENGGUNAKAN KONSEP 4P (PRODUK, HARGA, LOKASI, DAN PROMOSI) PADA PRODUK MIESO (MIE INSTAN SEHAT JAGUNG). Student Conference, 2(5), 365–374. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/1058
Loading...