PENGARUH PENGGUNAAN SITUS ISTANA DALAM LOKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MINAT BELAJAR SISWA

Penulis

  • Utri Mulyani Universitas Teknologi Sumbawa
  • Suparman Universitas Teknologi Sumbawa
  • Sukarddin Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Istana Dalam Loka, Pemahaman, Minat

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya pemahaman dan minat siswa dalam belajar
sejarah, Tujuan penelitian ini 1.Untuk menjelaskan penerapan penggunaan situs istana
Dalam Loka sebagai sumber sejarah terhadap pelajaran sejarah di SMAN 3 Sumbawa
Besar. 2.Untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui pengaruh penggunaan situs
istana Dalam Loka.3.Untuk meningkatkan pemahaman belajar sejarah siswa.Metode
penelitian yang digunakan adalah mix method(campuran kualitatif dan kuantitatif),Desain
penelitian ini adalah desain quasi eksperimen bentuk control group design. Merupakan
kelompok kontrol dan kelompok eksperimen tidak dipilih secara random.Hasil penelitian ini
analisis datanya menggunakan program SPSS versi 22.0 dari hasil analisis terjadi
peningkatan minat belajar siswa berada pada rentang 74,4 – 91,0 dengan kriteria sangat
tinggi.Untuk pemahaman belajar sejarah siswa menggunakan analisis paired t test diperoleh
nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 dengan kesimpulan terdapat pengaruh penggunaan
situs istana Dalam Loka sebagai sumber sejarah.Kesimpulan dari penelitian ini terdapat
peningkatan dilihat dari rata-rata (mean) minat belajar sejarah.Terdapat pengaruh
penggunaan situs istana dalam loka dalam meningkatkan pemahaman belajar sejarah siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-07

Cara Mengutip

Mulyani, U., Suparman, & Sukarddin. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN SITUS ISTANA DALAM LOKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MINAT BELAJAR SISWA. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 6(002, August), 464–471. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/820

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 
Loading...