STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI SWASTA DENGAN MENGGUNAKAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM)
Kata Kunci:
Kompetensi, Motivasi Kerja, Peningkatan Kinerja, QSPMAbstrak
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam merumuskan strategi
menggunakan analisis QSPM dan menggunakan SEM-PLS untuk menganalisis
pengaruh antar variabel endogen dengan eksogen. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 97 tenaga kependidikan yang bekerja di Universitas Teknologi Sumbawa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan
antara variabel kompetensi dan motivasi kerja terhadap variabel kinerja tenga
kependidikan di UTS. Kemudian berdasarkan pada hasil analisis QSPM yang telah
dilakukan diperoleh hasil,Total nilai IFAS adalah 3,383 yang berarti bobot skor IFAS
berada pada skala tinggi. Kondisi internal ini menggambarkan posisi kekuatan dari
beberapa indikator yang memiliki potensi yang cukup baik dalam meningkatkan
kinerja tenaga kependidikan peningkatan kompetensi dan motivasi kerja di UTS,
kemudian berdasarkan pada hasil analisis sebelumnya diperoleh skor EFAS adalah
3,388 yang berarti faktor eksternal berada pada skala tinggi. Hal ini mengindikasikan
bahwa peluang yang dimiliki oleh UTS untuk meningkatkan kinerja tenaga
kependidikan melalui kegiatan peningkatan kompetensi dan motivasi kerja adalah
baik. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah di paparkan sebelumnya, dapat
disimpulkan bahwa, strategi yang perlu digunakan oleh UTS adalah, menciptakan
budaya organisasi yang inklusif dan mendukung yang mencerminkan nilai-nilai
pegawai dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan produktif, meningkatkan
dukungan manajemen terhadap pengembangan kompetensi dan motivasi kerja
pegawai, dan melakukan analisis jabatan secara berkala.