STRATEGI PEMASARAN KOPI BATULANTEH KABUPATEN SUMBAWA

Penulis

  • Muflihah Universitas Teknologi Sumbawa
  • Kiki Yulianto Universitas Teknologi Sumbawa
  • Abdul Hadi Ilman Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Strategi pemasaran, Kopi, Batulanteh, Proses Hirarki Analitik, Media sosial

Abstrak

Kopi Batulanteh merupakan salah satu komoditas unggulan di Kabupaten Sumbawa. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan rumusan strategi pemasaran Kopi Batulanteh di Kabupaten Sumbawa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan Analytical Hierarchy Process (AHP) dipilih sebagai teknik analisis data menggunakan software Expert Choice 11. Pada level kriteria menggunakan 4P Marketing Mix yaitu Product, Price, Promotion, dan Distribution. Sedangkan level alternatif terdiri dari Direct Selling, Social Media, dan Marketer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran melalui Media Sosial diprioritaskan sebagai strategi pemasaran Kopi Batulanteh Kabupaten Sumbawa dengan skor 38,5%. Diikuti oleh Penjualan Langsung dengan skor 36,2% dan pemasaran melalui Agen Pemasaran dengan skor 25,3%. Pemasaran melalui Media Sosial tetap memperhatikan peningkatan kapasitas produksi sesuai dengan karakteristik permintaan pasar dan terus melakukan promosi dengan iklan yang mampu memperkenalkan Kopi Batulanteh Kabupaten Sumbawa di kancah pasar yang lebih luas. Sedangkan jalur distribusi dan harga tidak menjadi kendala dalam pemasaran Kopi Batulanteh di Kabupaten Sumbawa.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-21

Cara Mengutip

Muflihah, Yulianto, K., & Ilman, A. H. (2023). STRATEGI PEMASARAN KOPI BATULANTEH KABUPATEN SUMBAWA. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 5(001, January), 294–303. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/362

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Loading...