STRATEGI PEMASARAN KOPI BATULANTEH KABUPATEN SUMBAWA
Kata Kunci:
Strategi pemasaran, Kopi, Batulanteh, Proses Hirarki Analitik, Media sosialAbstrak
Kopi Batulanteh merupakan salah satu komoditas unggulan di Kabupaten Sumbawa. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan rumusan strategi pemasaran Kopi Batulanteh di Kabupaten Sumbawa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan Analytical Hierarchy Process (AHP) dipilih sebagai teknik analisis data menggunakan software Expert Choice 11. Pada level kriteria menggunakan 4P Marketing Mix yaitu Product, Price, Promotion, dan Distribution. Sedangkan level alternatif terdiri dari Direct Selling, Social Media, dan Marketer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran melalui Media Sosial diprioritaskan sebagai strategi pemasaran Kopi Batulanteh Kabupaten Sumbawa dengan skor 38,5%. Diikuti oleh Penjualan Langsung dengan skor 36,2% dan pemasaran melalui Agen Pemasaran dengan skor 25,3%. Pemasaran melalui Media Sosial tetap memperhatikan peningkatan kapasitas produksi sesuai dengan karakteristik permintaan pasar dan terus melakukan promosi dengan iklan yang mampu memperkenalkan Kopi Batulanteh Kabupaten Sumbawa di kancah pasar yang lebih luas. Sedangkan jalur distribusi dan harga tidak menjadi kendala dalam pemasaran Kopi Batulanteh di Kabupaten Sumbawa.