STRATEGI PENINGKATAN PENYALURAN KREDIT BAGI UMKM PADA PD. BPR NTB MATARAM CABANG SETELUK KABUPATEN SUMBAWA BARAT
Kata Kunci:
Strategi, Peningkatan, Penyaluran, Kredit, UMKMAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Strategi Peningkatan
Penyaluran Kredit Bagi UMKM Pada PD. BPR NTB Mataram Cabang Seteluk
Kabupaten Sumbawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan Analisis SWOT (Strength,
Weakness, Opportunity, Threats), Dimana penelitian diawali dengan melakukan
pengumpulan data dari informan kemudian melakukan analisis dalam bagan
Matriks SWOT. Berdasarkan hasil Analisis SWOT dalam penelitian, PD. BPR
NTB Mataram Cabang Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat telah menunjukan
kemudahan dalam pengajuan kredit, penetapan bunga kredit UMKM yang
rendah dan telah mengembangkan program kredit usaha rakyat (KUR) sebagai
strategi yang telah dilakukan.
Selanjutnya untuk memperluas nasabah,khususnya UMKM dengan
mengunakan sumberdaya efektif perusahaan dalam meningkatkan pengajuan
kredit bagi UMKM terdsebut diharapkan dapat mencari sumber keuangan
lainnya.dengan cara promosi bunga kredit yang ditinjau dari segi pemasaran
produk dan berusaha membatasi persaingan pasar sekecil mungkin serta
mengembangkan produk baru yang lebih efektif dan menambah peluang
UMKM baru di Kecamatan Seteluk Kab.Sumbawa Barat.