ANALISIS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DIFERENSISASI TERHADAP CAPAIAN PROFIL PELAJAR PANCASILA ( P3 ) DI SMP SE KECAMATAN SUMBAWA TAHUN 2023 (STUDI PADA SMPN 1 SUMBAWA DAN SMPN 2 SUMBAWA)
Kata Kunci:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Profil Pelajar Pancasila (P3)Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Strategi pembelajaran diferensiasi terhadap capaian profil pelajar pancasila ( P3 ) di SMP se kecamatan Sumbawa tahun 2023 dan Untuk menjelaskan capaian penerapan Strategi pembelajaran diferensiasi terhadap profil pelajar pancasila ( P3 ) di SMP se kecamatan Sumbawa tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitia kualitatif (qualitative research) dengan metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan angket. Analisis deskriptif kualitatif akan digunakan untuk analisis data. Jumlah informan yang digunakan sebanyak 6 orang guru, 2 orang kepala sekolah, dan 40 orang siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi Pembelajaran defirensiasi yang terdiri dari diferensiasi konten,difernsiasi proses dan diferensiasi produk yang diterapkan di SMPN 1 Sumbawa dan SMPN 2 Sumbawa berjalan baik dan lancar. 1) Diferensiasi isi adalah apa yang dipelajari siswa dalam kaitannya dengan kurikulum dan materi pembelajaran. 2) Diferensiasi proses adalah cara siswa memproses ide dan informasi, termasuk bagaimana mereka memilih gaya belajarnya. 3) Membedakan produk, yaitu mendemonstrasikan apa yang telah dipelajari siswa.. Hasil capaian Profil pelajar Pancasila pada indikator Berkembang Sesuai Harapan ( BSH ) dan Mulai Berkembang ( MB ) mendominasi dengan persentase berturut 50 % dan 30 % sedangkan 20 % berada pada indicator Belum Berkembang ( BB ).Penelitian ini juga merekomendasikan agar penerapan analisis penerapan strategi pembelajarandiferensiasi tidak saja pada jenjang SMP, akan tetapi perlu diimplementasikan juga pada jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah atas SMA).