STRATEGI PENGEMBANGAN HOLISTIK INEGRATIF MELALUI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi Kasus di PAUD As-Syifa Desa Orong Bawa Kecamatan Utan)

Authors

  • Mahmud universitas tteknologi sumbawa
  • Muhammad Saleh universitas teknologi sumbawa
  • Fadri Sanafiah universitas teknologi sumbawa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi implementasi pengembangan
Pendidikan Holistik Integratif pada Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD As-Syifa Desa
Orong Bawa Kecamatan Utan.Data diperoleh melalui wawancara dan kuisioner,
observasi, serta dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis dengan analisis SWOT

dengan mengidentifikasi faktor-faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor-
faktor eksternal (peluang dan ancaman) yang mempengaruhi Program PAUD HI, serta

mencari strategi pengembangan dari pelaksanaan program PAUD HI di Desa Orong

Bawa, Kecamatan Utan. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan terhadap fakor in-
ternal dan eksternal, diperoleh hasil analisa internal ( Kekuatan- Kelemahan) adalah -0,

2 dan hasil analisa eksternal (Peluang-Ancaman) adalah 0,6. Hasil analisa ini kemudian
digunakan untuk menentukan posisi dalam kuadran SWOT. Dari hasil tersebut,
alternatif strategi untuk pengembangan Program PAUD HI di PAUD As-Syifa Desa
Orong Bawa dirumuskan dalam matriks SWOT, yaitu Hasil penelitian menunjukkan
bahwa strategi pengembangan pendidikan holistik integratif pada anak usia dini (studi
kasus PAUD As-Syifa) adalah melalui; a) Layanan holistik, meliputi layanan kesehatan
, pendidikan dan pembinaan. b) Strategi pembelajaran yang holistik integratif, meliputi
aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. c) Menjalin komunikasi dan pembinaan wali
murid. Pendidikan anak usia dini memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak
secara menyeluruh. Penyelenggara PAUD hendaknya memberikan layanan pendidikan
secara holistik integratif, dengan melakukan koordinasi dengan lembaga Posyandu,
Bina Keluarga Balita (BKB) orangtua wali murid dan menerapkan metode
pembelajaran yang terintegrasi.

Published

2023-01-21

How to Cite

Mahmud, Saleh, M., & Sanafiah, F. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN HOLISTIK INEGRATIF MELALUI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi Kasus di PAUD As-Syifa Desa Orong Bawa Kecamatan Utan). National Conferences Management Inovation, 5(001, January), 186–190. Retrieved from https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/331

Issue

Section

Seminar National

Categories

Loading...