ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PENGETAHUAN DAN PRAKTEK PEMBELAJARAN PROFESIONAL GURU

Penulis

  • Erni Juhaenah Universitas Teknologi Sumbawa
  • Umar Universitas Teknologi Sumbawa
  • Lili Suharli Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Program Sekolah Penggerak, Kompetensi, Guru

Abstrak

Penelitian ini bertujauan untuk menganalisis efektifitas Program Sekolah
Penggerak terhadap peningkatan kompetensi pengetahuan dan praktek pembelajaran
profesional guru serta implementasinya.
Penelitian ini menggunakan metode gabungan (mixed method) dengan jenis
tidak berimbang (concurrent embedded design). Metode kuantitatif sebagai metode
primernya. Populasi dan sampel adalah guru Sekolah Penggerak Angkatan 1 Jenjang
SD di Kota Bima-NTB dengan teknik sampel purposive sampling. Sampel diambil
dari guru kelas 1,2,4,5, guru PAI dan PJOK dari SDIT Insan Kamil, SDN 28 Melayu
dan SDN 5 Rabangodu Utara sejumlah 40 guru. Metode pengumpulan data kuantitatif
dengan angket serta dianalisis statistic menggunakan korelasi product moment. Data
kualitatif diambil dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian kuantitatif didapatkan bahwa efektifitas peningkatan
Kompetensi Pengetahuan Guru adalah 88,3% dan 89,59% Kompetensi Praktek
Pembelajaran Profesional Guru. Menurut Standar efektifitas ukuran Depdagri bahwa
jika rasio efektivitasnya diatas 80% maka dikatakan sangat efektif. Hasil penelitian ini
diperkuat oleh penelitian kualitatif melalui wawancara yaitu guru menjadi Guru
Penggerak, menang berbagai even, menjadi Narasumber, meningkatkan hasil belajar
siswa dilihat dari hasil Rapot Pendidikan meningkat , siswa semangat dan aktif belajar
serta berkembangnya budaya positif, dll. Dan implementasi Program Sekolah
Penggerak dalam bentuk penguatan SDM berupa 1. Lokakarya, 2. Pendampingan
intensif (Coaching), 3. Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM).
Sehingga disimpulkan Program Sekolah Penggerak sangat efektif
meningkatkan Kompetensi Pengetahuan dan Praktek Pembelajaran Profesional guru.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-07

Cara Mengutip

Juhaenah, E., Umar, & Suharli, L. (2023). ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PENGETAHUAN DAN PRAKTEK PEMBELAJARAN PROFESIONAL GURU . Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 6(002, August), 866–876. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/865

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Loading...