PENGARUH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) TERHADAP LAYANAN PENGGUNA DAN KEPUASAN PENGGUNA DI RUMAH SAKIT JIWA MUTIARA SUKMA PROVINSI NTB

Penulis

  • Nurfariati Nayatullah Norzi Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ahmad Yamin Universitas Teknologi Sumbawa
  • Roni Hartono Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

SIMRS, Layanan Pengguna dan Kepuasan Pengguna

Abstrak

Bidang Kesehatan, tekhnologi informasi membantu manajemen rumah sakit menjadi
lebih efesien dan efektif. Rumah sakit menerapkan sistem informasi untuk mendukung proses
transaksi yang berkaitan dengan pasien, karyawan dan staf medis (Lestari, 2020). System
informasi ini sangat berkembang dengan pesat dizaman digitalisasi terutama pada pelayanan
masyarakat sehingga permasalahan yang muncul sangatlah banyak terhadap pengguna.
Maka dari itu rumusalan masalah yang diangkat ialah apakah kualitas system berpengaruh
terhadap pengguna system? Dan apakah kualitas system berpengaruh terhadap kepuasan
pengguna?. Tujuan dari penelitian ini ialah Untuk menganalisis bagaimana pengaruh kualitas
sistem terhadap pengguna system. Untuk menganalisis bagaimana pengaruh kualitas sistem
terhadap kepuasaan pengguna dan Untuk menganalisis bagaiman pengaruh kualitas
informasi terhadap kepuasaan pengguna. Metode Penelitian menggambarkan tentang
metode penelitian yang akan digunakan dalam melakukan penelitian. Dalam hal ini peneliti
melakukan dengan metode pendekatan kuantitatif yang dimana kuantitatid ini digunakan
untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instru-
ment penelitian, analisis data bersifat statistic dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang
digunakan. Populasi yang digunakan ialah karyawan rumah sakit jiwa Mutiara sukma pada
unit pendaftaran pelayanan, managemen dan rawat jalan dengan sampel sebanyak 30
karyawan yang menggunakan system informasi managemen rumah sakit (SIMRS) tersebut.
Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma Provinsi Nusa Tenggara Barat yang berada di Provinsi
Nusa Tenggara Barat Bernama “Mutiara Sukma” diartikan untuk merubah stigma masyarakat
terhadap orang dengan gangguan jiwa dan mengangkat ciri khas dari Provinsi Nusa
Tenggara Barat beralamat di Jalan Ahmad Yani No.1 Kelurahan Selagalas Kec. Sandubaya
Kota Mataram Provinsi Nusa TenggaraBidang.
Hasil penelitian ini hasil uji validitas yang dilakukan terhadap 10 item pertanyaan,
didapatkan hasil untuk masing-masing pertanyaan 1 hingga 10 memiliki nilai r hitunh (nilai
koefisien korelasi) (P1 hingga P10) > r tabel untuk tingkat signifikansi α = 5% = 0,05.
Sehingga dapat diketahui bahwa seluruh pertanyaan pada penelitian ini dinyatakan valid atau
sah. Berdasarkan pengujian realibilitas data kusioner atau item-item pertanyaan yang ada
pada penelitian ini sudah reliabel (konsisten). Berdasarkan rumusan masalah yang pertama
apakah kualitas sistem berpengaruh terhadap pengguna, pengaruhnya sangat tinggi karena
sistem informasi yang ada di RSJ Mutiara Sukma ini adalah SIMRS yang masih sering terjadi
masalah operasional jaringannya sehingga ada keterlambatan pada pelaksanaanya dan belum terlaksana dengan baik
pemanfaatannya karena masih terbatas seperti di rawat jalan dan administrasi saja sehingga terlihat
jelas bahwa kualitas SIMRS yang ada di RSJ Mutiara Sukma ini belum mampu untuk merangkul semua
kegiatan yang ada di RSJ Mutiara Sukma untuk menunjang pelayanan yang lebih cepat dan efesien.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-07

Cara Mengutip

Norzi, N. N., Yamin, A., & Hartono, R. (2023). PENGARUH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) TERHADAP LAYANAN PENGGUNA DAN KEPUASAN PENGGUNA DI RUMAH SAKIT JIWA MUTIARA SUKMA PROVINSI NTB . Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 6(002, August), 856–865. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/864

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Loading...