METODE PENDEKATAN “OBY” DALAM MEMBUAT LAWAS SUMBAWA UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK ANAK (STUDI DI SDN 2 LANGAM)
Kata Kunci:
Pendektan , Lawas Sumbawa, Motorik AnakAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan metode "OBY"
dalam proses belajar mengajar lawas Sumbawa (Studi di SDN 2 Langam) dan
untuk menganalisis metode "OBY" dalam membuat lawas Sumbawa berpengaruh
terhadap peningkatan motorik anak (Studi di SDN 2 Langam). Metode "OBY"
merupakan metode yang diciptakan oleh seorang seniman Sumbawa yang
bernama Oby Pamungkas dan tujuannya adalah untuk meningkatkan minat
generasi muda akan budaya Sumbawa, salah satunya membuat lawas
Sumbawa. Dengan adanya metode yang mudah dan dapat dipahami, maka
generasi muda lebih mudah dalam membuat lawas Sumbawa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode mixed methods, penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan dua metode, yaitu metode kualitatif dan metode
kuantitatif. Dari hasil penelitian kualitatif, memperoleh hasil bahwa metode "OBY"
lebih diminati siswa dalam kegiatan pembuatan lawas Sumbawa daripada
menggunakan metode sebelumnya, karena siswa lebih cepat dalam pembuatan
lawas Sumbawa. Dari hasil penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji
normalitas dan uji homogenitas, maka dapat menghasilkan nilai signifikansi
0,000. Jika nilai signifikansi ≤ 0,05, maka dapat dikatakan ada perbedaan antara
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji menunjukkan bahwa
nilai Mean menunjukkan nilai post-test kelas eksperimen ≥ post-test kelas kontrol
(83,76 ≥ 73,24), artinya penggunaan metode “OBY” dalam membuat lawas
Sumbawa lebih efektif daripada metode sebelumnya untuk meningkatkan motorik
anak. Maka dapat dikatakan H0 ditolak artinya variabel bebas berpengaruh
terhadap varaibel terikat.