PENGARUH BIOFLOK TERHA DAP HASIL BELAJAR SERTA PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMBESARAN KOMODITAS PERIKANAN AIR TAWAR DI SMK

Penulis

  • Sri Novita Universitas Teknologi Sumbawa
  • Umar Universitas Teknologi Sumbawa
  • Rusmin Nurjadin Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Media Bioflok, Peningkatan Kompetensi Siswa

Abstrak

Hasil belajar peserta didik dievaluasi dari capaian KKM (kriteria Ketuntasan Minimum) yang
merupakan tolok ukur dalam pembelajaran dikelas belum terpenuhinya KKM disebabkan kelengkapan
sarana dan prasarana belajar yang kurang, kualifikasi tenaga pendidik, penyampaian materi
pembelajaran,strategi mengajar,model pembelajaran disesuaikan dengan bakat minat peserta didik
untuk meminimalisir nilai dibawah KKM.Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan dan
menganalisis pengaruh bioflok terhadap hasil belajar serta peningkatan kompetensi siswa pada mata
pelajaran teknik pembesaran komoditas perikanan air tawar di SMK.Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif desain penelitian Pre-Experimental design (Non designs) jenis One-Group pretest-
Posttest Design,.Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi bioflok sebagai media
pembelajaran diawali dengan menyusun RPP, modul dan bahan ajar, berdasarkan hasil uji pearson
korelasi r hitung 0,539 > r tabel 0,514 maka dinyatakan ada hubungan atau relasi penggunaan media
bioflok terhadap hasil belajar serta peningkatan kompetensi siswa dengan signifikansi sebesar 0,038
(α = 0,05) berarti terdapat pengaruh atau korelasi yang signifikan antara penggunaan teknik bioflok
dengan hasil belajar,nilai kualifiksi kompeten pada semester III,IV dan V menggunakan teknik
pembesaran kolam sebanyak 60 % siswa kualifikasi kompeten, 26,7% siswa dengan kualifikasi
sangat kompeten dan 13,3% siswa kualifikasi istimewa, sedangkan nilai kualifikasi kompeten pada
semester VI setelah penerapan media bioflok sebanyak 73,3% siswa dengan kualifikasi sangat
kompeten,13,3% dengan kualifikasi kompeten dan 13,3% siswa dengan kualifikasi istimewa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan implementasi media bioflok dapat meningkatkan
semangat belajar siswa sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar serta peningkatan kompetensi
siswa pada mata pelajaran teknik pembesaran komoditas perikanan air tawar di SMK.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-07

Cara Mengutip

Novita, S., Umar, & Nurjadin, R. (2023). PENGARUH BIOFLOK TERHA DAP HASIL BELAJAR SERTA PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMBESARAN KOMODITAS PERIKANAN AIR TAWAR DI SMK . Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 6(002, August), 685–694. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/848

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >> 
Loading...