KONSTRUKSI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BERBASIS MUSHOLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMK

Penulis

  • Zuhrotul Ainy Universitas Teknologi Sumbawa
  • Muammar Kadafie Universitas Teknologi Sumbawa
  • Supriyadi Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Konstruksi, Pembelajaran Al-Qur'an dan Mushola

Abstrak

Penelitian untuk menindaklanjuti kenyataan peserta didik di SMK Negeri 1
Seteluk yang belum bisa membaca Al-Quran menurut makhrijul huruf dan ilmu tajwid.
Oleh sebab itu Peneliti mencoba mengalihkan kegiatan pembelajaran yang semula
berada di ruang kelas ke mushola. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
bagaimana model konstruksi pembelajaran membaca Al-Qur’an berbasis mushola
dan kedua Bagaimana mengimplementasikan pembelajaran membaca Al-Qur’an
berbasis mushola. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. Sumber data ynag digunakan berupa data primer dan data
sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi.
Validitas data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan, kecakupan referensi dan triangulasi, sedangkan tehnik analisa data
dilakukan mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
memberikan verifikasi.
Hasil penelitian ini ditemukan bahwa model konstruksi pembelajaran membaca
Alquran berbasis mushola menggunakan modul yang disusun oleh Peneliti sendiri.
Sedangkan implementasi pembelajaran membaca Al-Qur’an berbasis mushala yang
dilakukan menggunakan dua macam model pembelajaran umum atau tradisional dan
model pembelajaran inovatif. Model pembelajaran umum atau tradisional
dimaksudkan untuk memberikan peserta didik materi Pendidikan Agama Islam
seperti akidah tauhid dan sejarah kebudayaan Islam. Sedangkan model
pembelajaran inovatif dimaksudkan untuk memberikan bekal pada peserta didik
khusus meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
Dalam penelitian dilakukan kebiasaan bersuci dan menjalankan tiga macam salat
sunnah sebelum pembelajaran dimulai.
Simpulan dari penelitian ini bahwa model konstruksi pembelajaran membaca
Alquran dengan memberikan modul serta implementasinya yang berbasis mushola
dengan dua pendekatan pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman membaca
Al-Qur’an, di samping memberikan dampak positif bagi perkembangan psikomotor.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-07

Cara Mengutip

Ainy, Z., Kadafie, M., & Supriyadi. (2023). KONSTRUKSI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BERBASIS MUSHOLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMK. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 6(002, August), 673–684. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/847

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Loading...