STRATEGI PEMASARAN PROGRAM STUDI SENI MUSIK UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA DALAM MENARIK MINAT MAHASISWA

Penulis

  • Dedy Sukreyadi Universitas Teknologi Sumbawa
  • Nova Adhitya Ananda Universitas Teknologi Sumbawa
  • Chairul Hudaya Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran, Analytical Hirarchy Process (AHP), Penentuan Prioritas

Abstrak

Industri musik di Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan selama beberapa tahun
terakhir. Universitas Teknologi Sumbawa memiliki peran penting dalam mengembangkan potensi
sumber daya manusia dalam industri musik melalui Program Studi Seni Musik. Namun minat
mahasiswa untuk mendalami ilmu musik melalui Program Studi Seni Musik saat ini cukup minim.
Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi pemasaran yang tepat dalam
menarik minat mahasiswa Program Studi Seni Musik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
ada dua yaitu yang pertama dengan menggunakan metode kualitatif dengan wawancara terbuka,
kemudian metode yang kedua adalah metode kuantitatif, yaitu pemetaan eksisiting dengan
menyebarkan kuesioner kepada siswa/siswi SMAN yang jumlah sampelnya 99 responden dan
diambil dengan metode Simple Random Sampling. Selanjutnya dengan metode Analytical
Hierarchical Process (AHP) dengan jumlah sampel 6 responden untuk menentukan urutan strategi
pemasaran prioritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya upaya yang belum optimal dalam
melakukan strategi pemasaran Program Studi Seni Musik dan urutan strategi prioritas dalam
menentukan strategi pemasaran adalah yang pertama mempertimbangkan kriteria keuntungan
dengan bobot 0,525, yang kedua kriteria resiko dengan bobot 0,245, yang ketiga kriteria modal
dengan bobot 0,230. Strategi pemasaran yang harus dilakukan oleh Program Studi Seni Musik
Universitas Teknologi Sumbawa dalam menarik minat mahasiswa adalah dengan alternatif promosi.
Diharapkan bahwa implementasi strategi pemasaran yang direkomendasikan dalam tesis ini dapat
membantu Program Studi Seni Musik Universitas Teknologi Sumbawa dalam menarik minat
mahasiswa.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-07

Cara Mengutip

Sukreyadi, D., Ananda, N. A., & Hudaya, C. (2023). STRATEGI PEMASARAN PROGRAM STUDI SENI MUSIK UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA DALAM MENARIK MINAT MAHASISWA . Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 6(002, August), 472–483. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/840

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 
Loading...