ANALISIS EFEKTIVITAS TUNJANGAN PROFESI GURU DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 2 SUMBAWA)
Kata Kunci:
Policy , Allowances _ Profession , Teacher PerformanceAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas tunjangan profesi guru dalam
meningkatkan kinerja guru di SMK Negeri 2 Sumbawa Besar. Responden penelitian ini adalah Guru
yang telah lulus sertifikasi di SMK Negeri 2 Sumbawa Besar sebanyak 50 orang. Penelitian ini
termasuk penelitian evaluasi dan model yang dipilih adalah Goal-free Evaluation Model. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun sumber data diperoleh dari
penilaian yang dilakukan oleh kepala sekolah dan rekan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
implementasi kebijakan tunjangan profesi guru berjalan dengan baik, namun belum mampu
meningkatkan kinerja guru di SMK Negeri 2 Sumbawa Besar secara optimal, hal ini terlihat dari 19
indikator yang diteliti, 9 indikator baik dan 10 indikator lainnya belum baik; tunjangan profesi guru
masih belum efektif dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Negeri 2 Sumbawa Besar. Adapun
strategi yang dapat dilakukan agar tunjangan profesi efektif dalam meningkatkan kinerja guru di SMK
Negeri 2 Sumbawa Besar diantaranya dengan melakukan penilaian tentang kompetensi guru yang
meliputi kompetensi pedagogic, kompetensi kepribadian, kompetensi social, dan kompetensi
professional. Penilaian kinerja ini harus dilakukan secara menyeluruh dan melibatkan kepala sekolah
serta rekan-rekan guru dalam sebuah FGD, sehingga akan memberikan hasil kinerja yang dapat
dijadikan sebagai bahan evaluasi. Selain itu, perlu adanya upaya sekolah, pemerintah atau pihak
yang berkepentingan untuk menyelenggarakan pelatihan terkait dengan kinerja guru.