PERANCANGAN EDUKASI SISTEM INFORMASI KESEHATAN REMAJA BERBASIS CHATBOT PADA WHATSAPP PADA TAHUN 2022 DI UPT PUSKESMAS LENANGGUAR

Penulis

  • Dadi Ardiansyah Universitas Teknologi Sumbawa
  • Muhammad Hilmy Alfaruqi Universitas Teknologi Sumbawa
  • Yossy Dwi Erliana Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Sistem, Informasi, Kesehatan, Remaja

Abstrak

Upaya dalam melakukan penyelesaian permasalahan terhadap kesehatan remaja di
Indonesia saat ini telah banyak diketahui. Namun, minimnya informasi yang diterima oleh
anak pada usia remaja terkait masalah kesehatan remaja terutama terhadap masalah
reproduksi dan hubungan seksual menyebabkan kurang dan rendahnya pengetahuan dan
pemahaman remaja sehingga memberikan pengaruh negatif terhadap perilaku seksual mereka
(Handika, 2017). . rumusan masalah, yaitu :1. Bagaimana merancang bot WhatsApp sesuai
dengan kebutuhan Sistem Informasi Kesehatan Remaja 2. Bagaimana efektivitas sistem
desain bot WhatsApp sebagai sistem kesehatan remaja yang dikembangkan dapat bekerja
dengan baik Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research and Development
(RnD) dan deskriptif sederhana. Tujuan dari dua jenis penelitian ini adalah untuk menemukan
jawaban yang dapat diterapkan dan dianalisis dengan menggunakan deskriptif sederhana
untuk masalah-masalah mendesak sehingga temuan tersebut dapat dipraktikkan untuk
kepentingan individu dan masyarakat pada umumnya 1. Berdasarkan hasil penelitian
mayoritas usia responden adalah 20 tahun sebanyak 48 orang. jenis kelamin responden
perempuan sebanyak 61 orang. pekerjaan responden adalah pelajar sebanyak 74 orang. 2.
Berdasarkan teori peneliti berasumsi bahwa layanan yang disedikan oleh chatbot sudah cukup
menarik dan sesuai dengan konteks yang ada, akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa setiap
sistem yang diciptakan masih terdapat kekurangan. 1. Penyusunan aplikasi chatbot berfungsi
sebagaimana yang diharapkan peneliti. 2. Dari hasil pengujian beta didapatkan 47%
menyatakan setuju pada pertanyaan pertama, 46% setuju pada pertanyaan kedua,46%
meyatakan setuju, sehingga informasi yang diberikan layanan SIKERJA dianggap membantu,
mudah digunakan, dan sesuai. Dari hasil pengujian beta didapatkan 45% responden menjawab
setuju artinya pembaruan chatbot SIKERJA perlu untuk di sempurnakan dan dikembangkan
lagi.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-21

Cara Mengutip

Ardiansyah, D., Alfaruqi, M. H., & Erliana, Y. D. (2023). PERANCANGAN EDUKASI SISTEM INFORMASI KESEHATAN REMAJA BERBASIS CHATBOT PADA WHATSAPP PADA TAHUN 2022 DI UPT PUSKESMAS LENANGGUAR. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 1(001, July), 1–8. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/267

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Loading...