SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN
Kata Kunci:
Supervisi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, PembelajaranAbstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan supervisi akademik berbasis
teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMKN 1 Taliwang. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan perumusan saran-saran metodologis untuk pendesainan dan evaluasi prototipe produk sebagai alat bantu berbasis web. Tahapan yang dilakukan terdiri dari tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan melakukan uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Tahap pengembangan melibatkan ahli dan praktisi yang disempurnakan dengan melakukan FGD. Tahap evaluasi dengan uji coba terbatas menggunakan one grup pretest-postest design untuk mengetahui keefektifan model dan uji statistik menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan supervisi akademik berbasis teknologi informasi dan komunikasi efektif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran SMA/SMK. Hasil yang diperoleh dari pakar dan praktisi dengan skor rata-rata 63,33 dari skor maksimal 70 dengan ketercapaian 90,48% berpredikat sangat baik serta hasil uji coba menunjukkan model efektif dengan 49,44% menyatakan sangat setuju, 50,56% menyatakan setuju dan layak dalam uji coba terbatas terhadap kepala sekolah dan guru yang menggunakan model dengan skor perolehan 68,10% sebelum menggunakan model dan 87,84% setelah menggunakan model.