PERAN FORUM KOMUNIKASI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (FKUMKM) UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT PENDAPATAN, KONSUMEN DAN PERSAINGAN BAGI PELAKU UMKM DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT

Penulis

  • Nico Akbar Saputra Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ali Budhi Kusuma Universitas Teknologi Sumbawa
  • Indra Darmawan Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

FKUMKM, UMKM, Peran Pelaku UMKM, Kinerja UMKM

Abstrak

Forum Komunikasi Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (FKUMKM) dibentuk bagi pelaku Usaha, Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) sebagai forum komunikasi untuk pelaku UMKM di Kabupaten Sumbawa Barat. FKUMKM di libatkan dalam program kemitraan dengan pemerintah dalam penyerapan bela beli produk lokal yang termaktum dalam Peraturan Bupati Sumbawa Barat nomor 2 Tahun 2019 tentang
pemberdayaan usaha mikro kecil menengah dan koperasi di Kabupaten Sumbawa Barat dalam program “Aksi Bela Beli Produk Lokal Kabupaten Sumbawa Barat”.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuisioner kepada pelaku UMKM. Data dan informasi selanjutnya akan diolah menggunakan Microsoft Exel 2013 dan aplikasi IMB SPSS statistik tahun 2020. Hasil menunjukan bahwa pelatihan
peningkatan usaha bagi pelaku UMKM tidak memiliki pengaruh positif terhadap pendapatan, tetapi memiliki korelasi yang signifikan terhadap tingkat konsumen. Disisi lain, program pelatihan pelaku UMKM diketahui memberikan hasil korelasi yang
signifikan terhadap tingkat peningkatan persaingan, inovasi produk berpengaruh positif
terhadap, kepuasan konsumen, tingkat persaingan, sedangakan inovasi produk tidak
berpengaruh positif terhadap tingkat pendapatan, promosi produk memiliki pengaruh
positif secara signifikan terhadap tingkat pendapatan, tingkat konsumen, tingkat persaingan, permodalan kemitraan tidak berpengaruh secara positif terhadap
pendapatan UMKM dan tingkat persaingan, permodalan kemitraan berpengaruh positif terhadap tingkatan konsumen. Kesimpulan dari penelitian ini mengidentifikasikan
bahwa FKUMKM merupakan wadah organisasi UMKM yang baik untuk
mengembangkan usaha, Kemitraan FKUMKM perlu dilakukan menjadi bahan pertimbang yang baik bagi pemerintah, dan swasta untuk melakukan program-program
UMKM, bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian manfaat produk-produk FKUMKM.

Unduhan

Diterbitkan

2022-02-27

Cara Mengutip

Akbar Saputra, N., Budhi Kusuma, A., & Darmawan, I. (2022). PERAN FORUM KOMUNIKASI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (FKUMKM) UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT PENDAPATAN, KONSUMEN DAN PERSAINGAN BAGI PELAKU UMKM DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 4(001, August), 376–384. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/253

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Loading...