ANALISIS KINERJA RS H.L MANAMBAI ABDULKADIR DENGAN METODE BALANCED SCORECARD
Kata Kunci:
Kinerja, Balanced Scorecard, Rumah SakitAbstrak
Evaluasi kinerja rumah sakit menjadi hal yang penting guna menjamin mutu kualitas layanan
dan keberlangsungan rumah sakit dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan kepada
masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Rumah Sakit H.L
Manambai Abdulkadir melalui metode yang lebih komprehensif yaitu metode Balance Scorecard.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan data berupa data sekunder dan data
primer. Data primer didapat dari data kuesioner yang dibagi kepada pasien dan pegawai rumah sakit.
Sedangkan data sekunder diperolah dari dokumentasi laporan keuangan rumah sakit dan laporan
rekam medik tahun 2021. Penelitian ini memperlihatkan gambaran kinerja RS H.L Manambai
Abdulkadir dari perspektif keuangan pada tahun 2021 adalah baik. Begitu juga kinerja rumah sakit dari
perspektif pelanggan juga baik. Hasil kurang baik diperlihatkan oleh perspektif proses bisnis internal,
dimana nilai-nilai indikator belum sesuai dengan standar. Kinerja dari perspektif pertumbuhan dan
pembelajaran menunjukkan kinerja cukup baik. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kinerja RS H.L
Manambai Abdulkadir dilihat dari 4 perspektif Balance Scorecard adalah cukup baik. Direksi perlu
memberikan perhatian secara khusus terhadap perspektif yang tidak baik, dan mempertahankan serta
meningkatkan perhatian terhadap indikator yang baik untuk meningkatkan kinerja rumah sakit di waktu
yang akan datang.