ANALISISEFEKTIVITASPENGGUNAANAPLIKASIARTICULATE STORYLINEDALAMPEMBELAJARANPENDIDIKANJASMANI OLAHRAGADANKESEHATANPADAPERMAINANBOLAVOLI
Kata Kunci:
Effectiveness, Media, Materials, teachers, students, applicationsAbstrak
Pemanfaatan TIK dalam pengembangan pendidikan sangat penting dan dapat mendukung perubahan dalam pembelajaran
model dan dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan proses belajar mengajar baik secara teori maupun
berlatih belajar, dengan menggunakan alur cerita yang mengartikulasikan yang bertujuan untuk mendukung lebih efektif dan inovatif
proses pembelajaran.Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan dari bulan Mei hingga Juni 2022 yaitu
dilakukan di SMAN 1 Sumbawa Besar dengan tujuan menggunakan aplikasi sebagai media penunjang pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
bahan uji yang memiliki nilai dalam aspek desain tampilan, hasilnya adalah 87,50%.
aspek mendapatkan hasil, keefektifan menggunakan aplikasi alur cerita yang artikulat secara fisik
pembelajaran pendidikan memenuhi semua kriteria yang diharapkan meliputi keefektifan proses, waktu dan
implementasi. Sehingga penggunaan aplikasi dalam proses pembelajaran lebih efisien dan tidak tepat sasaran.
Hasil penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, pengumpulan data
teknik menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, menggunakan informan dan
respondenmendapatkan 88,75% hasil, aspek video dan videomendapatkan 93,00% hasil, tulisan dan surat
aspek mendapatkan 93 hasil, 75%. Aspek kemudahan media dalam proses pembelajaran ditandai dengan
perubahan proses pembelajaran yang cenderung lebih aktif dan interaktif serta mendapatkan persentase
95,00% hasil dari guru dan pengawas siswa. Jadi rata-rata hasil dari aspek laut
dapatkan hasil 91,60%, memenuhi kriteria yang diharapkan.