PENGEMBANGAN DAN SURVEY KEPUASAN COSTUMER PADA SISTEM INFORMASI PELAYANAN PRODUK PERBANKAN BERBASIS CHATBOT PADA PLATFORM WHATSAPP
Kata Kunci:
Chatbot, Perbankan, PIECES Framework, Sistem Informasi, WhatsAppAbstrak
Dampak perkembangan teknologi yang begitu pesat, khususnya dalam industri perbankan, mendorong masyarakat beralih ke pemahaman dan penggunaan transaksi keuangan secara digital. Industri perbankan harus menyesuaikan layanannya untuk memenuhi kebutuhan nasabah, dengan fokus utama pada inovasi digital. Berbeda dengan proses digitalisasi pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR), dimana implementasi dalam penerapan digitalisasinya masi sangat minim sehingga menyebabkan keterbatasan informasi yang diterima oleh customer. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan sistem informasi pelayanan produk perbankan berbasis WhatsApp ChatBot, khususnya yang ditujukan untuk memenuhi pelayanan terhadap customer dan menganalisis efektivitas dari penerapan sistem informasi pelayanan produk perbankan. Penelitian ini menggunakan metodologi gabungan kuantitatif dan kualitatif (Mixed Method), tekhnik pengumpulan data untuk mengembangan sistem informasi melalui Wawancara dan studi pustaka dan Untuk menganalisis efektivitas, penelitian ini akan memanfaatkan PIECES Framework sebagai model analisis. Sejumlah 100 responden akan menjadi sampel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner kepada pengguna Sistem Informasi Pelayanan Produk Perbankan (SIPP), skala Likert akan digunakan untuk menilai tingkat efektivitas pengguna SIPP berdasarkan pilihan jawaban dan skornya., didapatkan nilai sebesar 4,32 pada domain Performance, 4,19 Pada domain Information, 4,31 pada domain Economics, 4,26 pada domain Control & Security, 4,23 pada domain Efficiency, dan 4,27 pada domain Security. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pengguna terhadap Sistem SIPP secara umum dapat diklasifikasikan ke dalam kategori. SANGAT EFEKTIF.