PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SD TERPADU MUHAMMADIYAH LAKAZ SUMBAWA KECAMATAN SUMBAWA KABUPATEN SUMBAWA
Kata Kunci:
Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja GuruAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja Guru SD Terpadu Muhammadiyah Lakaz Sumbawa, Kecamatan Sumbawa Kabupaten Sumbawa besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Alat pengumpul data menggunakan dokumentasi, wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja Guru SD Terpadu Muhammadiyah Lakaz Sumbawa, kepala sekolah sebagai pelaksana program sekolah, kepala sekolah sebagai pengelola yang unggul, menciptakan fungsi pendidikan dasar berbasis kemuhammadiyahan, mengawasi kelancaran kegiatan dan melakukan evaluasi peningkatan profesionalime guru. Sehingga dapat menunjukan kinerja yang baik dalam aspek Persiapan dan perencanaan pembelajaran, Bekerjasama dengan siswa secara individual, Penggunaan media pembelajaran, Melibatkan siswa dalam berbagai pengalaman belajar, Kepemimpinan yang akitf dari guru dan Melibatkan peran orang tua/ wali murid dalam pendidikan siswa yang mendorong siswa belajar aktif.Oleh karena itu Kepala sekolah sebagai pemimpin harus memberikan motivasi terhadap kinerja guru di sekolah, diperlukan koordinasi profisionalisme guru dalam mendukung kepemimpinan kepala sekolah selain itu diperlukan reward dan punishment oleh kepala sekolah dalam kinerja guru, diperlukan peningkatan sarana prasana dan budaya mutu untuk meningkatkan motivasi kerja guru serta pelatihan-pelatihan melalui wadah perkumpulan guru seperti KKG.