HUBUNGAN KEMAMPUAN NARATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PJBL SISWA KELAS XII SMA

Penulis

  • Sulastri Universitas Teknologi Sumbawa
  • Suparman Universitas Teknologi Sumbawa
  • Junaidi Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Kemampuan Naratif, Hasil Belajar Matematika, Project Based Learning

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi tingkat perhatian dan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran matematika tergolong kategori rendah, Namun sebagian siswa memiliki nilai matematika tinggi, karena  memiliki kemampuan menulis naratif  baik. Tujuan penelitian ini  menganalisis hubungan dan tingkat hubungan antara  kemampuan naratif dengan hasil belajar matematika siswa SMAN 3 Sumbawa Besar melalui model pembelajaran Project Based Learning. Metode penelitian digunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif untuk mengetahui hubungan variabel kemampuan naratif, variabel hasil belajar matematika dengan teknik analisis uji linearitas dan uji korelasi. Berdasarkan hasil analisis menggunakan aplikasi spss 22 diperoleh hasil uji linearitas dengan nilai sig. devition from linearity> 0,05  yaitu 0,720 sehingga terdapat hubungan yang linear antara kemampuan naratif terhadap hasil belajar matematika dan uji korelasi dengan signifikasi hitung (2-tailed) sebesar 0.000 kurang dari signifikasi tabel 0,05. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak, dengan nilai r hitung sebesar 0.845 lebih besar dari r tabel 0,05 yang artinya terdapat hubungan sangat kuat antar kemampuan naratif dengan hasil belajar matematika. Didukung pula dengan determinannya ( R2) adalah 0,714 yang artinya kemampuan naratif memberi sumbangan sebesar 71,4 % terhadap hasil belajar matematika, sedangkan 28,6 % adalah sumbangan dari faktor lainnya. Disimpulkan  kemampuan naratif memiliki hubungan signifikan terhadap hasil belajar matematika melalui project based learning dengan sifat korelasi bernilai positif artinya semakin tinggi kemampuan naratif siswa maka semakin tinggi pula  hasil  belajar matematikanya dengan tingkat hubungan kategori korelasi sempurna, kemampuan naratif memberi sumbangan sebesar 71,40% terhadap hasil belajar matematika melalui project based learning, sisanya  faktor lain.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-09

Cara Mengutip

Sulastri, Suparman, & Junaidi. (2024). HUBUNGAN KEMAMPUAN NARATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PJBL SISWA KELAS XII SMA. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 7(001, January), 63–71. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/1258

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 
Loading...