Pengaruh Literasi Keuangan dan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif melalui Penggunaan E-Wallet Pada Generasi-Z (Studi Kasus pada Mahasiswa Manajemen Universitas Teknologi Sumbawa)
Pengaruh Literasi Keuangan dan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif melalui Penggunaan E-Wallet Pada Generasi-Z (Studi Kasus pada Mahasiswa Manajemen Universitas Teknologi Sumbawa)
Kata Kunci:
Literasi Keuangan,Teman Sebaya, Perilaku Konsumtif, Fintech (e-wallet)Abstrak
Pengaruh literasi Keuangan dan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif melalui penggunaan e-wallet pada Mahasiswa Manajemen Universitas Teknologi Sumbawa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 responden yang diperoleh dengan metode probability sampling. Dengan teknik simple random sampling. Data penelitian bersumber dari kuesioner dan menggunakan metode analisis regresi dengan teknik SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-wallet. (2) Teman sebaya tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-wallet. (3) Fintech tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. (4) Literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. (5) Teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. (6) Literasi keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif melalui penggunaan e-wallet. (7) Teman sebaya tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif melalui penggunaan e-wallet.