PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA KANTOR SAMSAT TALIWANG)
(STUDI KASUS PADA KANTOR SAMSAT TALIWANG)
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan; Fasilitas; Kepuasan MayarakatAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap
kepuasan masyarakat pada kantor Samsat Taliwang. Teknik sampling yang digunakan adalah metode
purposive sampling yaitu populasi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan untuk dijadikan sampel.
Sampel penelitian ini berjumlah 100 yaitu masyarakat wajib pajak daerah Taliwang. Alat analisis yang
digunakan pada penelitian ini adalah regresi linear berganda software SPSS. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa (1) Kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
masyarakt. (2) Variabel fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakt. Hal
ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan sangat berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat, bias
dilihat dari layanan yang diberikan sudah sesuai dengan terapkan oleh pengguna layanan. Berdasarkan
uji hipotesis pengaruh fasilitas terhadap kepuasan masyarakat berpengaruh positif dan signifikan