PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA KANTOR SAMSAT TALIWANG)

(STUDI KASUS PADA KANTOR SAMSAT TALIWANG)

Penulis

  • Rodiatul Wahidah Universitas Teknologi Sumbawa
  • Melynda Arnayanti Universitas Teknologi Sumbawa
  • Sherwin Ary Busman UTS

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan; Fasilitas; Kepuasan Mayarakat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap
kepuasan masyarakat pada kantor Samsat Taliwang. Teknik sampling yang digunakan adalah metode
purposive sampling yaitu populasi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan untuk dijadikan sampel.
Sampel penelitian ini berjumlah 100 yaitu masyarakat wajib pajak daerah Taliwang. Alat analisis yang
digunakan pada penelitian ini adalah regresi linear berganda software SPSS. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa (1) Kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
masyarakt. (2) Variabel fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakt. Hal
ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan sangat berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat, bias
dilihat dari layanan yang diberikan sudah sesuai dengan terapkan oleh pengguna layanan. Berdasarkan
uji hipotesis pengaruh fasilitas terhadap kepuasan masyarakat berpengaruh positif dan signifikan

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-07

Cara Mengutip

Rodiatul Wahidah, Melynda Arnayanti, & Ary Busman, S. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA KANTOR SAMSAT TALIWANG): (STUDI KASUS PADA KANTOR SAMSAT TALIWANG). Student Conference, 1(4), 349–353. Diambil dari http://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/730
Loading...