ENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVSI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING
(Studi Kasus Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kecamatan Moyo Utara
Kata Kunci:
Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Keunggulan BersaingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap keberlangsungan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah dikecamatan Moyo Utara. Tehnik Sampling yang digunakan adalah Porpusive Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah 179 Responden. Tehnik penentuan sampel yaitu dengan menggunakan rumus Slovin yaitu sebanyak 64 sampel. Jenis data yang digunakan adalah Kuantitatif. Kemudian sumber data dari penelitian ini adalah data Primer.Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner/angket dan Dokumentasi. Analisis data yaitu Uji Asumsi Klasik, Uji Validitas, uji Reabilitas, Tehnik analisis data yaitu analisis Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Hasil dari Penelitian ini menunjukan Bahwa Orientasi pasar berpengaruh signifikan Terhadap Keunggulan bersaing pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Kemudian Inovasi Produk Berpengaruh Signifikan terhadap Keunggulan Bersaing pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah.