PENGARUH PENGGUNAAN AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @semaras_sia TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS

Penulis

  • Muhammad Ulin Nuha Universitas Teknologi Sumbawa
  • Eri Sofiatry Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Media Baru, Instagram, Uses and Gratification, Pemenuhan Kebutuhan Informasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan akun media sosial instagram @semaras_sia terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasional yang bertujuan untuk mencari hubungan antar variabel. Populasi dalam penelitian ini diambil dari followers akun Instagram @semaras_sia yang berjumlah 30,5 ribu pengikut (diambil pada 5 Juni 2023), sampel diambil menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi 10% dan tingkat kepercayaan 90% sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner skala likert. Kuesioner menggunakan skala penggunaan akun istagram sebanyak 10 pertanyaan dan skala uses and gratification yang menilai pemenuhan kebutuhan informasi yang berjumlah 8 pertanyaan. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat hubungan antara pengaruh penggunaan akun media sosial Instagram @semaras_sia terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0.000 (p<α), maka hipotesis alternatif diterima. Nilai hubungan (R) yaitu sebesar 0.838 dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.704 yang berarti terdapat pengaruh variabel bebas penggunaan akun instagram @semaras_sia terhadap variabel terikat pemenuhan kebutuhan informasi followers, yaitu sebesar 70,4%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain  yang tidak diteliti.

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

Nuha, M. U., & Sofiatry, E. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @semaras_sia TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS. Student Conference, 1(5), 173–181. Diambil dari http://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/712
Loading...