PENATAAN PARKIR BADAN JALAN ON STREET PARKING DI JALAN KARTINI SUMBAWA BESAR
Kata Kunci:
Karakteristik parkir, on street parkingAbstrak
Berdasarkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui volume parkir, akumulasi, durasi parki, angka pergantiaan parkir, penyediaan parkir, kapasitas, dan indeks parkir pada jalan Kartini dan juga untuk mengetahui bentuk penataan parkir On Street Parking jalan Kartini dengan menggunakan metode survei patrol untuk mengetahui volume dan durasi parkir. Hasil penelitian yang meliputi pengumpulan data serta analisis data, maka dapat ditarik kesimpulan karakteristik parkir jalan Kartini, yaitut: Untuk Sepeda Motor Volume parkir dalam 3 jam survei adalah 93 kendaraan, akumulasi tertinggi adalah 83 kend/jam, durasi parkir sebesar 0,16 jam, tingkat pergantian parkir sebesar 0,19 kend/SRP/jam, kapasitas parkir sebesar 1088 dengan rata-rata 363 kend/jam, penyediaan parkir sebesar 2936 kendaraan dengan rata-rata perjam nya 978 kendaraan, indeks parkir dengan kapasitas parkir sebesar 0,076 dan indeks dengan kapasitas parkir sebesar ≤ 1. Hal ini menunjukkan bahwa kapasitas parkir pada saat jam puncak tidak melebihi kapasitas permintaan parkir. Sedangkan untuk Kendaraan Volume parkir dalam 3 jam survei adalah 81 kendaraan, akumulasi tertinggi adalah 83 kend/jam, durasi parkir sebesar 0,23 jam, tingkat pergantian parkir sebesar 0,13 kend/SRP/jam, kapasitas parkir sebesar 757 dengan rata-rata 252 kend/jam, penyediaan parkir sebesar 2043 kendaraan dengan rata-rata perjam nya 681 kendaraan, indeks parkir dengan kapasitas parkir sebesar 0,11 dan indeks dengan kapasitas parkir sebesar ≤ 1. Hal ini menunjukkan bahwa kapasitas parkir pada saat jam puncak tidak melebihi kapasitas permintaan parkir. Dalam menangani permasalahan yang ada di Ruas Jalan Kartini sudah dilakukan penataan parkir pada badan jalan dengan melakukan pengoptimalan sudut parkir dengan pola sudut parkir 90˚ untuk sepeda motor dan pola sudut parkir paralel untuk jenis kendaraan ringan.