PENGARUH PERSEPSI RISIKO, MATERIALISME DAN PEMBELIAN KOMPULSIF TERHADAP KECENDERUNGAN BERHUTANG
Abstrak
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Persepsi Risiko, Materialisme dan Pembelian Kompulsif Terhadap Kecenderungan Berhutang” yang bertujuan untuk menguji Persepsi Risiko berpengaruh terhadap Kecenderungan Berhutang pada Generasi Milenial, untuk menguji Materialisme berpengaruh terhadap Kecenderungan Berhutang pada Generasi Milenial, untuk menguji Pembelian Kompulsif berpengaruh terhadap Kecenderungan Berhutang pada Generasi Milenial di Kecamatan Sumbawa. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah data primer. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner atau angket yang kemudian kuesioner disebarkan secara online melalui google form ataupun memberikan secara langsung kepada 100 responden yang merupakan masyarakat generasi milenial di Kecamatan Sumbawa. Karakteristik subjek dalam penelitian ini dibagi menjadi 4, yaitu berdasarkan pekerjaan responden, pendapatan perbulan, jenis kelamin dan usia responden. Variabel Persepsi Risiko memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kecenderungan Berhutang, generasi milenial di Kecamatan Sumbawa berani mengambil keputusan yang berisiko dan siap menghadapi risiko. Variabel Materialisme Tidak Memiliki Pengaruh Terhadap Kecenderungan Berhutang, karena keuangan mereka mungkin tidak mendukung untuk melakukan pembelian atau mengakumulasi hutang. Variabel Pembelian Kompulsif memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kecenderungan Berhutang, Individu yang cenderung melakukan pembelian kompulsif mungkin tidak mampu menahan diri dari godaan untuk membeli barang atau jasa yang tidak direncanakan sebelumnya, bahkan jika mereka tidak memiliki dana yang cukup.