KOMUNIKASI PEMASARAN DI DEALER YAMAHA TUGU MAS II SUMBAWA

Penulis

  • Jodi Satriawan S Mahasiswa
  • Fahrunnisa Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

komunikasi, pemasaran, konsumen, dealer

Abstrak

Komunikasi pemasaran merupakan sebuah usaha untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen mengenai keberadaan suatu produk atau jasa di pasar. Kemajuan teknologi informasi juga menyebabkan terjadinya persaingan bisnis antar perusahaan semakin ketat. untuk itu, semua perusahaan harus memiliki dan memilih strategi yang tepat untuk dapat memperoleh posisi yang kuat di masyarakat (konsumen) agar produknya menjadi merek yang terpercaya. Untuk mencapai posisi tersebut tidaklah mudah,karena begitusebuahbisnis meluncurkansuatuprodukdanbisa diterima dipasar,kompetitor juga akan mengikuti untuk menghasilkan produk yang serupa dengan kualitas dan fitur yang lebih baik, serta tentusaja denganmerekyangberbeda.Pemasar menggunakanperiklanan,pemasaranlangsung,publisitas, promosi penjualan, dan penjualan langsung untuk memberikan informasi yang mereka harapkan akan mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen, terutama di era dimana teknologi digunakan untuk membantu memasarkan produk. Sebagai contoh hasil pengamatan peneliti, ketika konsumen datang ke Dealer,salescounteryangbertugaslangsung menyambutdanmenemanikonsumenmelihatproduk-produk danjugamemeberikainfoprodukdanjugahargayangditawarkansertamenyediakanfasilitasyangnyaman tempat konsumen untuk menunggu. Jenis penelitian yang digunakan oleh penelitiadalah jenis penelitian kualitatif. komunikasi pemasrana Dealer Yamaha Tugu Mas II Sumbawa menggunakana promosi pemasaran langsung dan melalui media sosial. Dari hasil penelitian, aktivitas yang dapat membantu komunikasi pemasaran Dealer Yamaha tugu Mas II Sumbawa dalam menjaga loyalitas konsumen adalah periklanan, publisitas, dan personal shelling. Dari hasil penelitian pendekatan yang dapat dilakuka oleh Dealer Yamaha Tugu mas II Sumbawa dalam menciptaka kekhasan, keuntungan, dan nilai dalam komunikasipemasaran. Dapatdilihatdengan cara ataustrukturdalam berkomunikasi.
Katakunci;komunikasi;pemasaran;konsumen; dealer

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

Satriawan S, J., & Fahrunnisa. (2023). KOMUNIKASI PEMASARAN DI DEALER YAMAHA TUGU MAS II SUMBAWA. Student Conference, 1(5), 122–131. Diambil dari http://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/542
Loading...