ANALISIS PELAYANAN ADMINITRASI MENUGGAL SATU ATAP DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PUBLIK ( STUDI KANTOR SAMSAT KABUPATEN SUMBAWA )

Penulis

  • Muhammad Iqbal Universitas Teknologi Sumbawa
  • Leni Nurul Kariyani universitas teknologi sumbawa

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan kualitas pelayanan publik di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) di kabupaten Sumbawa. Kualitas pelayanan publik diukur melalui sepuluh aspek yang mencakup keamanan, aksesibilitas, komunikasi, pemahaman pelanggan, responsivitas, kompetensi, sikap, kredibilitas, bukti fisik, dan kehandalan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tujuan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang situasi yang terjadi di lokasi yang diteliti. Data kualitatif diperoleh melalui informasi yang berbentuk kata-kata, frase, diagram, atau gambar.

Hasil penelitian dan diskusi menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di Kantor SAMSAT Kabupaten Sumbawa dapat dinilai melalui sepuluh aspek tersebut. Secara keseluruhan, kualitas pelayanan menunjukkan tingkat yang memuaskan, mulai dari fasilitas fisik yang memadai, proses pelayanan yang efisien, hingga responsivitas terhadap kebutuhan pengguna. Namun, masih ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, seperti peningkatan keamanan fasilitas dan layanan pengguna data, serta pengurangan kelemahan yang ada. Kantor SAMSAT juga telah melakukan upaya untuk mempermudah akses dan komunikasi dengan pengguna layanan melalui media sosial dan kegiatan sosialisasi di masyarakat. Terdapat tenaga yang terampil dan siap membantu pengguna layanan dalam mendapatkan akses dan komunikasi yang nyaman.

 

Kata Kunci: Analisis Pelayanan  Adminitrasi Menuggal Satu Atap dalam Menigkatkan Mutu Pelayanan Publik  Studi Kantor Samsat Kabupaten Sumbawa.

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

Iqbal, M., & Kariyani, L. N. (2023). ANALISIS PELAYANAN ADMINITRASI MENUGGAL SATU ATAP DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PUBLIK ( STUDI KANTOR SAMSAT KABUPATEN SUMBAWA ). Student Conference, 1(5), 543–551. Diambil dari http://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/507
Loading...