POLA KOMUNIKASI MAHASISWI BERCADAR DALAM BERINTERAKSI DI LINGKUGAN UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA

Penulis

  • Rosada Apriliani Ilmu komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  • Abbyzar Aggasi Universitas Teknologi Sumbaw

Kata Kunci:

Pola Komunikasi, Mahasiswi Cadar, Interaksi Simbolik

Abstrak

Pola komunikasi merupakan sistem yang digunakan dan sesuai dengan kebutuhan komunikasi. Pola dapat diartikan sebagai bentuk dari proses komunikasi. Penelitian ini menjabarkan pola komunikasi mahasiswi bercadar dalam berinteraksi dilingkungan Universitas Teknologi Sumbawa. Tujuan penelitian ini untuk untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi mahasiswi bercadar dalam berinteraksi di lingkungan Universitas Teknologi Sumbawa. Penelitian ini menyajian permasalahan yaitu bagaimana pola komunikasi mahasiswi bercadar di Universitas Teknologi Sumbawa. Permasalahan dalam penelitian ini akan dijawab menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan mahasiswi bercadar di Universitas Teknologi Sumbawa. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik. Dimana interaksi simbolik berkaitan dengan gerak tubuh, mimik wajah, suara atau vokal adalah  “simbol” yang dimaksud. Hasil dari penelitian ini yaitu pola komunikasi yang diterapkan mahasiswi bercadar di Universitas Teknologi Sumbawa. Adapun pola tersebut yaitu pola komunikasi antar pribadi, pola komunikasi transaksional dan  interaksional. Bentuk dari pola komunikasi bisa berupa verbal dan non verbal. Pada mahasiswi bercadar komunikasi verbal seperti mengucapkan salam dengan teman dikampus sedangkan bentuk non verbal seperti berjabat tangan dengan teman sesama perempuan.

Kata kunci; Kata Kunci : Pola Komunikasi, Mahasiswi Cadar, Interaksi Simbolik.

300

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

Apriliani, R., & Aggasi, A. (2023). POLA KOMUNIKASI MAHASISWI BERCADAR DALAM BERINTERAKSI DI LINGKUGAN UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA. Student Conference, 1(5), 285–300. Diambil dari http://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/487
Loading...