STRATEGI PENGEMBANGAN APLIKASI MOBIL E JKN (JAMINAN KESEHATAN NASIONAL) DI KANTOR BPJS KESEHATAN (BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL) KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2022
Kata Kunci:
Pelayanan, Teknologi Informasi, KominikasiAbstrak
Pengembangan pelayanan kesehatan berbasis teknologi merupakan salah satu gerakan inovasi pelayanan publik dalam rangka mereformasi birokrasi di ranah pemerintahan Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pelayanan berbasis sistem Teknologi, Informasi dan Komunikasi Di Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kabupaten Sumbawa serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelayanan berbasis sistem Teknologi, Informasi dan Komunikasi Di Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kabupaten Sumbawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dilapangan menunjukkan bahwa inovasi pelayanan kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN pada Kantor BPJS Kesehatan Kota Sumbawa Besar sudah mulai berkembang dengan baik. Dapat dilihat dari tingkat pengguna aplikasi Mobile JKN yang telah di edukasikan oleh pihak BPJS Kesehatan. Inovasi pelayanan juga bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, pengalaman pelanggan, kualitas layanan dan efesiensi, dengan adanya pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi di kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Sumbawa berpengaruh dari segi penggunaan waktu dan biaya untuk memperoleh sebuah informasi yang baik dan benar. Dengan pemanfaatan e-goovermend oleh instansi di kantor BPJS Kesehan berpengaruh dalam meningkatkan efesien pemerintah untuk memproleh pelayanan.