STRATEGI PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) KABUPATEN SUMBAWA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN LISTRIK PRABAYAR BERBASIS APLIKASI PLN MOBILE TAHUN 2021 (Studi kasus di PT. PLN (Persero) Rayon Sumbawa Tahun 2021)

Penulis

  • Susanti Universitas Teknologi Sumbawa
  • Aldi Apriansyah

Kata Kunci:

Strategi; Pelayanan; PLN Mobile.

Abstrak

Sumbawa, masyarakat masih banyak yang belum mengetahui adanya PLN Mobile dan ada juga yang belum tahu bagaimana cara mengaplikasikan PLN Mobile , karena kurangnya sosialisasi pihak PLN PT. PLN (Persero) di Rayon Sumbawa. Perlunya suatu sosialisasi dan promosi dari pihak PT. PLN (Persero) Rayon Sumbawa agar lebih mendekatkan diri kepada masyarakat sehingga masyarakat tau adanya aplikasi PLN Mobile. Karena untuk bisa mempromosikan suatu aplikasi yaitu PLN Mobile tidaklah mudah karena mindset masyarakat sudah terpacu pada aplikasi lain seperti internet banking, sms banking,ATM dan lain-lain. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Alasan peneliti melakukan pendekatan kualitatif adalah untuk menganalisis terkait Strategi Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kabupaten Sumbawa dalam Meningkatkan Pelayanan Listrik Prabayar Berbasis Aplikasi PLN Mobile Tahun 2021, dengan mencari informasi ke lokasi penelitian. Jenis penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah jenis deskriptif kualitatif yang mempelajari masalah-masalah yang ada serta tata cara kerja yang berlaku. Penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenai keadaan yang ada. Jadi, peneliti akan mengumpulkan data dari para informan (Loket PLN, Security, Teknisi Listrik, Masyarakat dan lain–lain.) Tentang bagaimana Strategi Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kabupaten Sumbawa Dalam Meningkatkan Pelayanan Listrik Prabayar Berbasis Aplikasi PLN Mobile Tahun 2021. Dalam hal ini partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan oleh pihak PLN, contohnya, pada saat ada konsleting listrik di rumah pelanggan ataupun rumah tetangga pelanggan, dengan adanya aplikasi PLN Mobile pelanggan tersebut bisa langsung melapor ke PLN, supaya bisa meminimalisir kecelakaan atau kebakaran akibat konsleting listrik. Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa aplikasi PLN Mobile sudah cukup baik dan sangat bermanfaat bagi pelanggan PT. PLN (Persero) Rayon Sumbawa untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan, keluhan dan pengaduan. Akan tetapi sosialisasi yang belum cukup merata mengakibatkan masih ada pelanggan PT. PLN (Persero) Rayon Sumbawa yang belum menggunakan aplikasi PLN Mobile. Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang PLN Mobile mengakibatkan masyarakat tidak menggunakan Aplikasi PLN Mobile.

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

Susanti, & Apriansyah, A. (2023). STRATEGI PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) KABUPATEN SUMBAWA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN LISTRIK PRABAYAR BERBASIS APLIKASI PLN MOBILE TAHUN 2021 (Studi kasus di PT. PLN (Persero) Rayon Sumbawa Tahun 2021). Student Conference, 1(5), 670–681. Diambil dari http://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/469
Loading...