PERAN KOMUNITAS SOLIDARITAS PEREMPUAN SUMBAWA DALAM MELINDUNGI BURUH MIGRAN DIKABUPATEN SUMBAWA (2021)

Penulis

  • Nur Amelia Universitas Teknologi Sumbawa
  • Aldi Apriansyah

Kata Kunci:

Komunitas Solidaritas Perempuan; Perempuan Buruh Migran.

Abstrak

Komunitas Solidaritas Perempuan Sumbawa merupakan Komunitas yang bergerak pada perlindungan Perempuan Buruh Migran dari Sumbawa. Melakukan pendampingan serta penguatan pendidikan terhadap perempuan. Hal ini menjadi alasan Peneliti untuk meneliti peran Komunitas Solidaritas Perempuan Sumbawa dalam melindungi Perempuan Buruh Migran dari Sumbawa pada tahun 2021. Penelitian ini menggunakan teori peran dan kinerja sebagai alat analisis untuk mengetahui peran Komunitas Solidaritas Perempuan Sumbawa dalam melindungi Perempuan Buruh Migran dari Sumbawa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data bersumber dari wawancara dengan Ketua dan anggota Komunitas sebagai data primer serta catatan-catatan, dokumentasi, arsip-arsip tentang Komunitas Solidaritas Perempuan Sumbawa sebagai data sekunder. Dengan tehnik, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.

Peran dari Komunitas Solidaritas Perempuan Sumbawa dalam melindungi Perempuan Buruh Migran dari Sumbawa sangat baik dilakukan. Segala upaya dilakukan oleh Komunitas Solidaritas Perempuan Sumbawa agar perannya dapat maksimal untuk melindungi Perempuan Buruh Migran dari Sumbawa. Faktor penghambat Peran dari Komunitas Solidaritas Perempuan Sumbawa dalam melindungi Perempuan Buruh Migran dari Sumbawa di pengaruhi oleh kualitas yang belum maksimal, kuantitas staf kerja minim, tidak ada rentan waktu pendampingan kasus dan tidak efektif dalam penyelesaian kasus karena situasi dan kondisi yang kurang mendukung

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

Amelia, N., & Apriansyah, A. (2023). PERAN KOMUNITAS SOLIDARITAS PEREMPUAN SUMBAWA DALAM MELINDUNGI BURUH MIGRAN DIKABUPATEN SUMBAWA (2021). Student Conference, 1(5), 652–669. Diambil dari http://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/468
Loading...