PENGARUH PERSONAL SELLING, DIGITAL MARKETING DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PENGGUNA APLIKASI MOBILE BANKING
PENGARUH PERSONAL SELLING, DIGITAL MARKETING DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PENGGUNA APLIKASI MOBILE BANKING
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh personal selling, digital marketing dan perceived value terhadap kepuasan pelanggan pada pengguna aplikasi mobile banking di kabupaten sumbawa. Tehnik Sampling yang digunakan adalah Porpusive Sampling. Populasi pada penelitian adalah keseluruhan unit pada wilayah tertentu yang menjadi objek penelitian. Tehnik penentuan sampel yaitu dengan menggunakan rumusPaul Leedy karena jumlah populasi tidak diketah. Jenis data yang digunakan adalah Kuantitatif. Kemudian sumber data dari penelitian ini adalah data Primer. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner/angket. Analisis data yaitu Uji Asumsi Klasik, Uji Validitas, uji Reabilitas, Tehnik analisis data yaitu analisis Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Hasil dari Penelitian ini Personal selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Digital marketing tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini menujukan bahwa penggunaan media digital oleh perusahaan tidak faktor atau akibat utama dalam memberikan rasa puas karena kosumen cendrung dan lebih suka cara offline dalam perihal aktivitas keuangan. Perceived value tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini mengartikan bahwa timbal balik dari adanya pengorbanan pelanggan harus sesuai dan lazimnya dengan apa yang dijanjikan.