ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN KRE ALANG MENGGUNAKAN METODE PERBANDINGAN EKSPONENSIAL (MPE)

Penulis

  • Nurul Mutmainah Universitas Teknologi Sumbawa
  • Koko Hermanto Universitas Teknologi Sumbawa
  • Iksan Adiasa Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ismi Mashabai Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

MPE, Tree Diagram, Lokasi, Kinerja Pemasaran, Kre Alang

Abstrak

Kre Alang merupakan hasil kerajinan tenunan khas Sumbawa, yang pusat produksinya berada di Desa Poto Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa Besar. Kre Alang menjadi salah satu ikon Daerah Sumbawa Besar yang perlu dilestarikan. Namun, untuk produk Kre Alang ini sendiri dapat dikatakan masih belum optimal dalam pemasarannya, hal tersebut dikarenakan Lokasi penjualan Kre Alang berada jauh dari keramaian Pasar serta konsumen diharuskan datang sendiri ke lokasi dan pembayaran dilakukan secara tunai. Berdasarkan masalah tersebut tentunya dapat berdampak dan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja pemasaran. Dengan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengajukan usulan perbaikan terhadap strategi pemasaran produk berdasarkan pengaruh yang dihasilkan. Metode yang digunakan untuk memudahkan pengolahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode MPE untuk memberikan informasi strategi solusi yang diutamakan yang perlu dilakukan oleh pengusaha kain tenun Kre Alang. Berdasarkan tujuan, adapun hasil yang didapatkan berdasarkan peringkat prioritas yang didapatkan melalui analisis MPE didapatkan bahwa alternatif Pemasaran Kre Alang tersedia sistem penjualan melalui media online (P5) menjadi alternatif prioritas pertama yang harus dilakukan oleh penenun untuk memperbaiki kinerja pemasaran.

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

Nurul Mutmainah, Hermanto, K., Adiasa, I., & Mashabai, I. (2023). ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN KRE ALANG MENGGUNAKAN METODE PERBANDINGAN EKSPONENSIAL (MPE). Student Conference, 1(2), 82–92. Diambil dari http://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/448
Loading...