ANALISIS OF INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS (IMC) IN IMPROVING BRAND IMAGE AT YUMNA BOUTIQUE IN SUMBAWA DISTRICT
Kata Kunci:
Produk citra merek komunikasi pemasaran terpaduAbstrak
Citra merek merupakan sebuah persepsi merek yang melekat dalam ingatan konsumen tentang sebuah produk. Mengelola citra merek merupakan langkah awal Yumna untuk mengenalkan produknya pada pelanggan, kemudian setelah itu akan berubah menjadi strategi marketing meningkatkan citra merek demi bertahan di antara pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran terpadu yang digunakan Butik Yumna untuk meningkatkan Citra Merek. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Komunikasi Pemasaran Terpdu (IMC) yang didalamnya terdapat 6 elemen yaitu Iklan, penjualan personal, hubungan masyarakat, promosi penjualan, pemasaran langsung dan pemasaran interaktif/internet. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Yumna mengimplementasikan konsep komunikasi pemasaran terpadu yang terdiri dari 6 elemen didalamnya. Iklan melalui media sosial, promosi penjualan dengan varian yang berbeda, hubungan masyarakat (pr) membangun hubungan baik dengan pihak eksternal dan internal melalui media sosial dan kegiatan positif lainnya. Pemasaran langsung dengan memberikan pengetahuan tentang produk, penjualan personal melalui interaksi positif yang menyenangkan dan harmonis dan terakhir pemasaran interaktif/internet melalui instagram dan facebook.
Kata Kunci; Produk; Citra Merek; Komunikasi Pemasaran Terpadu.