PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING PEMIMPIN PEREMPUAN MELALUI MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS WAKIL BUPATI SUMBAWA)

Penulis

  • Putri Retno Ningrum Universitas Teknologi Sumbawa
  • Fahrunnisa Fahrunnisa Universitas Tekknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Personal branding, pemimpin perempuan, media sosial.

Abstrak

Keberadaan media sosial pada saat ini telah memberikan pengaruh yang kuat terhadap perubahan sosial didalam masyarakatnya. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan We Are Sosial dan Hootsuite, data tersebut menunjukkan dominasi perempuan di media sosial sangat tinggi jika dibandingkan dengan laki-laki. Perempuan dianggap aktif dalam menggunakan media sosial dikehidupan sehari-hari. Namun media ini masih terlalu sering mengeksploitasi perempuan dengan adanya pemberitaan kasus-kasus tertentu yang membuat perempuan selalu mendapatkan diskriminasi. Tetapi dengan adanya media sosial saat ini tidak hanya menjadikan sarana komunikasi secara umum, dapat juga dijadikan sebagai media untuk membentuk personal branding. Karakteristiknya yang cepat dalam àmenyebarkan pesan dan memiliki jangkauan luas ini dapat dijadikan sebagai media pembentukkan personal branding seseorang terkhusus pemimpin perempuan. Salah satu pemimpin perempuan yang menduduki jabatan dalam pemerintahan adalah Dewi Noviany sebagai Wakil Bupati Sumbawa. Kehadiran Dewi Noviany begitu menarik peneliti karena ia merupakan sosok pemimpin perempuan yang tidak luput dari bidikan media. Maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pembentukkan personal branding Dewi Noviany Wakil Bupati Sumbawa melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif. Teori yang akan digunakan adalah delapan konsep pembentukkan personal branding Peter Montoya dan karakteristik pembentukkan personal branding Mcnally & Speak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis dari Miles dan Huberman. Untuk teknik keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi teori. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Personal branding yang dibangun Dewi Noviany di media sosial Facebook adalah personal branding dengan citra positif. Personal branding yang ditonjolkan Dewi Noviany adalah tiga konsep dari delapan konsep pembentukkan personal branding dan memenuhi tiga karakteristik McNally & Speak dalam tahapan membentuk personal branding.
Kata kunci: Personal branding, pemimpin perempuan, media sosial.

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

Ningrum, P. R., & Fahrunnisa, F. (2023). PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING PEMIMPIN PEREMPUAN MELALUI MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS WAKIL BUPATI SUMBAWA). Student Conference, 1(5), 213–230. Diambil dari http://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/431
Loading...